Tim Robotika MTsN Borobudur Sukses Uji Terbang Drone

Magelang – Tim Robotika MTsN Borobudur sukses uji terbang Drone DJI Phantom 3. Saat ini Drone menjadi salah satu unit penting dalam menunjang kegiatan di MTsN Borobudur, khususnya pengambilan gambar dan video dari udara.

Hal tersebut disampaikan Pembina OSIS Bambang Sugiarto, melalui media sosial, Senin (8/5/2017). Bambang menyampaikan bahwa penggunaan Drone diharapkan dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi madrasah.

“Kita sangat berharap anak-anak khususnya  Tim Robotika dapat mengembangkan diri menjadi seseorang yang profesional sehingga mampu membuat inovasi dibidang teknologi khususnya robotika,” kata Bambang.

Dalam uji coba tersebut, Bambang memberikan tips-tips cara menerbangkan Drone kepada para siswa.  Bambang berharap anggota Tim Robotika dapat mengoperasikan Drone secara mandiri sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kompetensi.

“Dengan adanya Drone ini nantinya akan sangat menunjang kegiatan ekstra film. Dalam pembuatan sebuah karya film tentunya akan menjadi lebih menarik. Para siswa agar lebih produktif dan kreatif dalam menghasilkan karya yang bermanfaat bagi kemajuan Madrasah,” lanjutnya.

Bambang menuturkan, kegiatan Tim Robotika saat ini masih merupakan rintisan Ekstra Robotika. Ia berharap nantinya dapat menjadi kegiatan ekstrakurikuler dengan peralatan yang memadai.

“Sejauh ini masih bersifat insidental artinya jika ada lomba baru mengadakan latihan. Berbeda jika nantinya sudah menjadi kegiatan ekstra yang sesungguhnya dengan laboratorium yang memadai, tentunya program kegiatan bidang Robotika akan lebih intensif dan terstruktur,” katanya.

Beberapa kontes Robotika  pernah diikuti Tim Robotika MTsN Borobudur, misalnya Kompetisi Robotik Madrasah 2017 di Jakarta, dan Lomba Line Follower untuk Pelajar tingkat Nasional “Polines Roboline Contest 2017.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan untuk lomba Lomba Robot Line Tracer Nasional di UMP Purwokerto pada 14 Mei 2017 mendatang,” kata Bambang.

“Madrasah harus maju, dengan menguasai teknologi, sehingga keberadaannya sebagai penyelenggara pendidikan berkualitas tidak lagi diragukan,” katanya.

Bambang berharap, kegiatan-kegiatan terkait Robotika nantinya dapat diakses oleh masyarakat luas melalui website sekolah. (m45k/Af)