Tim ZI Kemenag Salatiga Ikuti Desk Evaluasi KemenpanRB

Salatiga — Tim Zona Integritas Kankemenag Kota Salatiga mengikuti Desk Evaluasi oleh Tim Penilai Nasional (TPN) KemenpanRB dalam rangka Penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Bertempat di Aula Kantor, kegiatan berlangsung secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Evaluasi berlangsung selama 90 menit, dengan rincian 30 menit untuk paparan dan 60 menit untuk tanya jawab.

Acara Desk Evaluasi dimulai dengan presentasi oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman berupa paparan capaian hasil pembangunan ZI, identifikasi dan mitigasi risiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan pada unit kerja, inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, penguatan integritas untuk mencegah KKN.  Taufiq menjelaskan pembangunan ZI masing-masing area, memberikan gambaran before-after perubahan setelah adanya pembangunan ZI dengan beberapa inovasi unggulan yang dimiliki.

Inovasi tersebut adalah SIMSALABIM (Sistem Informasi Manajemen Salatiga Bersih Inovatif Melayani),  WAREK (Wakaf Rekomendasi), PESO MADAM (Peduli Isolasi Mandiri dan Masyarakat Terdampak), dan Rumah Moderasi. Acara berlanjut dengan tanya jawab. Adapun beberapa pertanyaan yang dilontarkan TPN antara lain meliputi dampak adanya Agen Perubahan, layanan DUMAS, benturan kepentingan, pelayanan publik, monitoring ZI, inovasi unggulan, dll.

Semua pertanyaan dapat dijawab dengan baik oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman, bersama Ketua dan Tim ZI. Tim ZI Kemenag Salatiga telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi penilaian dari TPN tersebut. Salah satunya dengan menyiapkan berbagai evidence dari setiap area dan yang paling penting adalah mengonsep perubahan yang terjadi setelah adanya ZI di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga.   

Tahapan demi tahapan telah dilalui Tim ZI Kemenag Salatiga dengan berbagai macam penilaian. Kemenag Salatiga merupakan salah satu dari 54 satker yang lolos survei online dan berhak mengikuti mengikuti desk evaluasi via zoom meeting pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2021. Dengan berakhirnya evaluasi, maka untuk sementara, selesai sudah perjuangan Tim ZI Kemenag Salatiga membangun ZI dengan berbagai tahapan penilaiinya. Semoga berbuah manis dan Kankemenag Kota Salatiga mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). (Humas/Fitri-Khusnul)