Tingkatkan Ekonomi Wali Murid MI Tarbitul Ulum Sibalung Gandeng Baznas buat KUBE

Banyumas – Menyadari sebagian wali muridnya berasal dari keluarga yang kurang mampu, MI Tarbiyatul Ulum Sibalung Kecamatan Kemranjen Banyumas melakukan pendampingan usaha buat para wali muridnya dengan mendirikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

KUBE yang diberi nama Tarbiyatul Ulum bergerak dalam usaha pembuatan berbagai model dan macam tas. Ada banyak model Tas yang sudah diproduksi tapi pada umumnya melayani pesanan tas untuk sekolah, kantor dan tas traveling yang dipesan oleh berbagai organisasi masyarakat.

Safudin selaku Kepala Madrasah menyampaikan awalnya mengajukan proposal beasiswa ke Baznas Kabupaten Banyumas tetapi dalam perjalanannya menemukan ide dengan memberdayakan wali murid yang mempunyai keahlian menjahit dengan memberikan pelatihan, peralatan dan permodalan usaha pembuatan tas. Memang masyarakat sekitar ada yang mempunyai usaha yang sama. (20/10).

“Proses produksi tas KUBE Tarbiyatul Ulum ditempatkan di salah satu ruangan di madrasah dengan pekerja dari wali murid berjumlah lima orang dan Alhamdulilah respon dari masyarakat cukup mernggembirakan banyak pesanan dari berbagai kalangan terutama tas siswa dari sekolah sekitar“. ucap Muntasiroh penanggungjawab KUBE (20/10)

Kasi Pendidikan Madrasah Ibnu Asaddudin mengapresiasi langkah ini dan berharap bisa menginisiasi madrasah lain untuk melakukan terobosan terobosan yang sama dan harus berpikir di luar kotak sebagai bagian dari tanggungjawabnya ikut meningkatkan  kesejahteraan masyarakat  khususnya wali murid. ” Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat”. (mjb)