Tingkatkan Iman Jemaat Dengan Penyuluh Yang Berkualitas

Jepara – (24/11) Kementerian Agama Kabupaten Jepara dalam hal ini Seksi Penyelenggara Kristen, mengadakan Ujian Seleksi dan Rekruitmen Penyuluh Agama Kristen (PAK) tahun 2018 di Aula lantai 2 Kementerian Agama Kab. Jepara.

Kepala Seksi Penyelenggara Kristen, Pranoto, menyampaikan bahwa peserta yang hadir dan mengikuti ujian berjumlah 13 orang dari 15 orang yang mendaftar pada hari sebelumnya. Sebelum pelaksanaan ujian, peserta harus melalui tahapan pendaftaran, seleksi berkas, dan pengambilan nomor test, dan selanjutnya mengikuti ujian seleksi test tertulis dan wawancara. Setelah selesai akan dikoreksi dan dikirimkan ke Kanwil Kemenag Jateng dan hasil kelulusannya menunggu dari Kanwil Kemenag Jateng.

Penyuluh Agama Kristen (PAK) non pns yang lolos akan ditempatkan di kecamatan seluruh Kab. Jepara. Nantinya mereka akan bertugas untuk terjun ke masyarakat Kristiani dan memberi penyuluhan di Gereja-gereja atau persekutuan-persekutuan, entah persekutuan pemuda atau remaja, sekolah minggu, persekutuan umum, dll.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, beliau menyampaikan bahwa Ujian ini merupakan bentuk sarana seleksi rekruitmen penyuluh agama Kristen non-PNS. Beliau berpesan kepada peserta bahwa pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama ingin melaksanakan visi dan misinya, yakni terwujudnya masyarakat kabupaten Jepara yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan bathin.

Untuk itu harapan pemerintah lewat penyuluh agama pada masing-masing agama untuk meningkatkan kesadaran umatnya bisa mentaati agama masing-masing. Dalam hal ini penyuluh Kristen agar bisa membangkitkan semangat pemeluk agama Kristen untuk sadar mentaati agamanya.

Beliau juga berpesan kepada peserta ujian agar menjaga sportivitas. Jangan sampai ada yang curang. Entah itu mencurangi atau dicurangi supaya hasil ujian ini bisa menghasilkan peserta yang benar-benar berkualitas. Karena hasil ujian tersebut akan menunjukkan kualitas diri masing-masing personal. Oleh karena itu jika berhasil maka harus betul-betul disyukuri dan laksanakan tugas penuh loyalitas tinggi dan dedikasi. (jpr/bd)