Tingkatkan Inovasi Pembelajaran Dengan ICT

Rembang – GunaMeningkatkan Kualitas mengajar tenaga pendidik KKM MI Kabupaten RembangMenyelenggarakan seminar ICT (Information CommunicationTechnologies) Bagi guru-guru MI se Kabupaten Rembang, Sabtu (20/5) di Gedung Perpustakaan MIN Sedan

Seminar ini menghadirkan TIM ICT Erlangga, Semarang. Ketua KKM MI Kabupaten Rembang, Sya’dullah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi para guru MI.

“ICT adalah pembelajaran berbasis komputer. Peserta seminar diharapkan mampu membuat alat peraga yang menarik berbasis ICT yang menarik bagi peserta didik, “ kata Sya’dullah.

Dijelaskan Sya’dullah, hasil penelitian di dunia menunjukkan, ICT dapat memperbaiki metode belajar siswa serta menghasilkan metode pengajaran yang lebih baik. “Dengan ICT, daya serap para pelajar akan meningkat. Karena metode ini mengintegrasikan kurikulum dengan pembelajaran siswa secara aktif,” jelasnya.

Ditambahkannya, metode ini akan secara signifikan memberi dampak yang positif, terutama dalam bidang pengetahuan, pemahaman, ketrampilan praktis, ketrampilan presentasi dalam berbagai subyek pendidikan seperti matematika, ilmu pengetahuan, dan pelajaran sosial .

“Kami berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini akan sering diadakan sehingga akan lebih membuka cakrawala bagi para guru Madrasah untuk lebih up to date mengikuti perkembangan teknologi,” kata Sya’dullah.

Wimala Hadi Astawa dari tim ICT Erlangga mengatakan, ICT ini menggunakan komputer sebagai alat utamanya dan presentasi sebagai metode utamanya. “ICT ini akan mempermudah belajar dan memudahkan daya ingat siswa.

“Melalui ICT, para pengajar dapat dengan mudah menjelaskan instruksi-instruksi yang rumit dan memastikan pemahaman dari para murid. Para pengajar dapat membuat kelas interaktif dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan,” terangnya. — ss/bd