Tingkatkan Kebugaran, PNS Kemenag Pati Wajib Senam Bersama Sebulan Dua Kali

Pati – Berbagai cara tentu dilakukan orang untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Upaya tersebut di antaranya adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam aerobik banyak diminati pada saat sekarang tidak ketingggalan juga para pegawai negeri sipil (PNS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati. Hal tersebut dilakukan karena banyak sekali manfaat yang diperoleh setelah melakukan senam aerobic.

Senam aerobik hari Jumat tanggal 23/03/18 kali ini, bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, mengundang instruktur senam dan diikuti oleh seluruh pegawai serta para pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional. Tak ketinggalan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Imron, selalu tidak pernah ketinggalan dalam melaksanakan senam bersama seperti kali ini.

Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron mengatakan, Kemenag Pati rencananya menjadikan senam bersama sebagai agenda bulanan. Hal itu untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran para PNS. Dia mengatakan senam rutin selain agar tubuh sehat dapat membangun jiwa PNS. "Senam sehat ini sudah dilaksanakan untuk kedua kalinya. Rencananya, akan kami lakukan setiap dua minggu sekali.," kata Imron seusai mengikuti senam sehat bersama di halaman Kankemenag Kabupaten Pati.

Senam sehat bersama ini, ujar dia, diwajibkan diikuti semua pegawai. Masyarakat di sekitar lokasi juga boleh mengikuti senam. "Seluruh PNS yang bertempat tugas di Kankemenag Kabupaten Pati harus ikut senam ini, tegasnya.

Sementara itu, Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Pati Ahmad Syaiku menjelaskan, kegiatan ini adalah wujud dalam rangka menjalankan program Kankemenag Kabupaten Pati, yang salah satunya membangun jiwa sehat sesama PNS Kemenag Pati di bidang olahraga, katanya.

Ahmad Syaiku mengapresiasi adanya kegiatan senam sehat bersama ini. Sebab, jika semua pegawai sehat, pekerjaan yang dilakukan akan berjalan dengan baik. "Kegiatan ini sangat bagus. Selain bisa menumbuhkan jiwa korsa PNS Kemenag, manfaat dari senam ini juga sangat baik untuk kesehatan,” pungkas Syaiku.

Tika selaku instruktur yg diundang pada jum’at ini menjelaskan, Senam Aerobik merupakan gabungan dari beberapa gerakan-gerakan enerjik, kreatif, berirama cepat yang mendasarkan gerakannya pada tumpuan kaki, loncat, serta gerakan tangan yang disesuaikan dengan fungsi senam, katanya.

Pada umumnya manfaat senam aerobik adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menjaga stamina tubuh, imbuhnya.

Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk senam aerobik, manfaat senam aerobik yang harus kita ketahui yaitu, meningkatkan fungsi jantung, menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi stres dan meningkatkan mood, tidak mudah terserang penyakit, meningkatkan stamina, meningkatkan kelenturan dan kebugaran, paparnya.

Lakukanlah senam aerobik secara rutin supaya manfaat yang didapat jauh lebih maksimal, pesannya. (Athi’/bd)