Tingkatkan Kedisiplinan Siswa Dengan Pasang CCTV

Rembang — Salah satu program madrasah untuk meningkatkan rasa aman di lingkungan madrasah adalah  dengan melengkapi fasilitas memasang CCTV. Pengadaan dan pemasangan CCTV ini bertujuan untuk melakukan pemantauan langsung dan antisipasi terjadinya tindak pelanggaran tata tertib di madrasah.

Kepala MTsN 4 Rembang mengatakan, prestasi sebuah madrasah tidak hanya diukur lewat sisi akademik saja, melainkan juga sisi non akademik yaitu dengan ketersediaannya sarana dan prasarana yang memadai. “Untuk meningkatkan dan memajukan madrasah, MTs N 4 Rembang melakukan terobosan baru dengan pemasangan CCTV,” kata Masrum.

Pemasangan dilakukan di titik-titik krusial, Ada dua titik utama, pertama titik depan terbagi menjadi 2 bagian yaitu, didekat pintu masuk madarasah (samping ruang guru) dan depan kantor pegawai. Sedangkan titik yang kedua  yaitu ruang bagian belakang terpasang di depan pintu perpustakaan dan di ruang dekat sarana olah raga.

Masrum berharap dengan adanya CCTV segala aktivitas di ruang lingkup madrasah dapat berjalan dengan baik. Banyak manfaat yang diperoleh dengan pemasangan alat ini.

“Alat ini bisa membantu bapak atau ibu guru dalam proses pengawasan, mengontrol terhadap aktivitas peserta didik, yang selama ini masih menggunakan pengawasan secara manual,” imbuh Masrum.

Abdul Qodir selaku guru BK mengapresiasi program madrasah ini, karena dapat memantau kegiatan di luar kelas, sehingga kegiatan madrasah dapat terkondisikan dan berjalan secara kondusif. “Dengan adanya CCTV ini, anak-anak diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan mereka. Selain itu, keamanan madrasah juga terjamin dari berbagai kejahatan,” ucapnya. – dwi-iq/bd