Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas RA Dengan Anjangsana dan Study Banding

Wonogiri – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan Kepala RA se Kabupaten Wonogiri melakukan study banding ke RA Al Islam Jamsaren Surakarta,  tujuan utamanya untuk menambah wawasan dan meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan anak usia dini. (Selasa, 04/04)

Menurut Ketua PD IGRA Kabupaten Wonogiri, Nur Anisah di pilihnya RA Al Islam Jamsaren Surakarta karena lembaga tersebut tergolong maju dan favorit.

“Guru RA memerlukan inovasi dan pengetahuan baru, sehingga dengan gurunya yang maju maka sekolahpun akan maju, dan program study banding juga sesuai dengan program kerja IGRA sebagai fasilitasi untuk meningkatkan mutu pendidikan RA”, jelas Nur Anisah.

Agenda utamanya menurut Ketua IGRA Kabupaten Wonogiri untuk mengenal lebih dekat tentang RA yang di kunjungi mulai dari kurikulum pembelajara dan pengembangannya, model dan tehnik pembelajaran, hingga administrasi dan menejemen sekolah dan pembelajaran sehingga RA tersebut menjadi salah satu RA unggulan dan berkembang.

Sedangkan Ketua Pokjawas PAI Kabupaten Wonogiri yang ikut mendampingi, Subechi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut harus bisa menjadi semangat dan entry point bagi kepala RA se Kabupaten Wonogiri untuk bisa mencetak generasi yang berkualitas dan bisa menjadi inspirasi bagi guru RA agar lebih maju dan meningkat kualitasnya.

“Raudlatul Athfal (RA) saat ini telah terbukti memainkan peran sekaligus memberikan kontribusi penting dalam upaya perbaikan sumber daya manusia Indonesia khusunya anak usia dini”, terang Subechi. Sehingga RA kedepan harus terus berkembang lebih baik, tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dini, tapi juga sebagai embrio mendidik moral generasi muda dan pengenalan agama yang baik.

RA mempunyai kelebihan dan keunggulan sebab, sekarang RA bukan lagi menjadi alternatif sekolah TK. Tapi RA adalah pilihan masyarakat dan primadona, dimana mereka memasukkan anak untuk bekal dan mengenalkan agama Islam sejak dini. RA merupakan pondasi pendidikan yang kuat untuk mempersiapkan generasi bangsa yang iman, taqwa, sehat, ceria, peduli lingkungan, kreatif, soleh dan solehah. (Mursyid_Heri/Wul)