Tingkatkan Kualitas Kinerja Melalui Aplikasin SIEKA

BLORA – Puluhan ASN di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora mengikuti sosialisasi penerapan aplikasi sistem informasi elektronik kinerja ASN ( SIEKA)  di aula MAN Blora kemaren  (28/9).

Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar melalui kasubbag TU, HM Fatah  mengatakan pentingnya ASN mengetahui proses penginputan kinerja ke dalam aplikasi SIEKA sebagai upaya meningkatkan kinerja pegawai maupun evaluasi kinerja bulanan karena semua pekerjaan Asn di lingkungan Kemenag Blora saat ini akan dicatatkan melalui sistem Online dan dipantau atasan langsung.
Menurut Fatah, penerapan aplikasi SIEKA tersebut akan mulai berlaku efektif Januari mendatang namun saat ini harus mulai sosiallisasi dan semua ASN Kemenag Blora diharapkan sudah bisa menerapkannya dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menginput data dan menulis kinerja dalam aplikasi tersebut.

Menurutnya, aplikasi tersebut merupakan perangkat untuk mengukur kinerja pegawai, memonitoring pegawai, serta mengukur prestasi kerja ASN kedepannya sehingga harus bisa dipahami secara serius.

Sementara itu, kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menekankan agar seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SIEKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Meskipun aplikasi ini masih terbilang hal yang baru akan dipergunakan untuk mengetahui kinerja pegawai.
“Apa yang dikerjakan oleh seluruh ASN setiap hari, nantinya akan diinput ke dalam aplikasi SIEKA dan dikontrol langsung oleh atasannya”, terangnya.
Ia berharap dengan semakin terkontrolnya kinerja, maka para ASN dapat meningkatkan kinerja dan kualitasnya sesuai tupokasi masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu teknologi informasi yang dimaksud untuk memudahkan layanan dari berbagai macam aplikasi yang dilaunching dengan maksud untuk memperbaiki dan memudahkan layanan dan ada aspek transparansi sehingga bisa memonitor segala aktivitas pekerjaan ASN.

“kami mengharapkan semua ASN bisa memahami aplikasi ini dengan baik dan sudah mulai dikuasai sebagai upaya meningkatkan kualitas kinerja kita di kementerian Agama Blora ini maka perlu dikoordinasikan semua pihak baik bagian kepegawaian, madarasah negeri, guru, pengawas, KUA dan lainnya secara sinergis”paparnya.

Analis kepegawaian, Tongat menyampaikan pentingnya mempersiapkan perangkat yang diperlukan seperti laptop, internet, kinerja, SKP dan lainnya sehingga data kinerja bisa terinput dengan baik dalam aplikasi tersebut. (ima/bd)