Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan IHT

Tegal–Sumber daya manusia yang berkualitas, terutama dalam dunia pendidikan baik yang menyangkut guru maupun para siswa dapat dibentuk melalui In House Training (IHT), seperti yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tegal, Akhmad Farkhan pada acara Pembukaan IHT baru, Rabu (18/07) di MTs N Kota Tegal.

Acara tersebut diikuti sekitar 93 orang yang terdiri dari para guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) se Kota Tegal.

Dalam kesempatan tersebut KakanKemenag Kota Tegal berharap IHT dapat meningkatkan motivasi dan merubah sikap watak para guru menjadi lebih baik dan cerdas,” harap Farkhan mengawali pembukaanya dan dilanjut dengan memberikan ucapan selamat datang.

Farkhan  menjelaskan potensi para guru sangat baik bahkan dapat dikatakan guru mempunyai kemampuan luar biasa dalam melaksanakan kinerja dan pekerjaan keseharian. Farkhan menekankan guru harus mampu berkarya lebih, menciptakan hal-hal yang baru agar mampu meningkatkan mutu pendidikan menuju siswa yang berkualitas.

Prinsip yang digunakan dalam memberikan motivasi dan manajemen pendidikan berpedoman pada pemahaman peran siswa melalui penyusunan perangkat pembelajaran melalui sistem kurtilas dengan baik dan benar,” terang Farkhan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kasi Pendidikan Madrasah, Tohari menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti sekitar 93 orang,  khusus bagi guru MI dan MTs se Kota Tegal yang terbagi dalam dua kelas.

Beliau berharap, dengan adanya In House Trianing yang baru, khususnya bagi guru MI dan MTs se Kota Tegal, agar mampu menumbuhkan sikap dan perilaku kebersamaan, juga mampu meningkatkan kinerja, selalu memberi motivasi dan potensi bagi guru yang lain maupun kepada para siswa,” harapnya.

Lebih lanjut, Tohari mengatakan kesuksesan dapat diraih dengan memegang enam hal antara lain memahami peran, memahami tujuan, rasa memiliki, menghargai perbedaan, terus memperbaiki diri serta selalu berkomunikasi secara efektif,” ujarnya. (IM/rf)