Tingkatkan Kualitas RA Dengan Kreatifitas Dan Tertib Administrasi

Blora – Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan dan proses pendidikan Pada Raudhatul Athfal (RA), maka administrasi pembelajaran maupun manajemen di kelembagaan tersebut perlu untuk ditertibkan sehingga bisa dilakukan rapat koordinasi secara rutin dan berkala.

Hal tersebut disampaikan kasi Pendidikan Madrasah, Fathul Himam, dalam acara Rapat Koordinasi Kepala RA se-kabupaten Blora kemaren Jum'at (1/3) di Aula Kankemenag Blora.

Fathul Himam dalam sambutannya mewakili Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Blora, HM Fatah sekaligus memberikan himbauan kepada seluruh Kepala Raudhatul Athfal meminta agar para Kepala RA sungguh-sungguh memiliki perhatian dan komitmen untuk meningkatkan mutu pada RA melalui proses perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi secara tertib dan baik, sehingga melalui evaluasi akan mendorong berjalannya sistem pendidikan bermutu pada masing-masing  RA.

“Mari kita kelola lembaga RA dengan baik sehingga semua administrasi maupun pengajar dan pembelajarannya bisa meningkat dan menyesuaikan dengan kemampuan siswa dan kurikulum yang ada,”paparnya serius.

Menurutnya, Raudhatul Athfal (RA) merupakan sekolah yang menonjolkan Penanaman Aqidah berbeda dengan Sekolah Taman Kanak Kanak (TK) pada Umumnya sehingga Kepala RA harus mendapatkan perhatian besar dari para guru untuk menonjolkan Pendidikan anak usia dini yang berbasis aqidah dengan tujuan untuk membentuk anak yang berkepribadian yang beragama yang artinya memiliki aqidah Islam sebagai landasan ketika berpikir dan bersikap didalam menjalani kehidupan sehari hari.

“Dengan adanya rapat kordinasi ini mudah-mudahan akan menghasilkan program yang baik. Karena dengan program tersebut akan menjadikan suatu peningkatan kualitas RA dimata masyarakat.” Ungkap Fathul Himam.

 Lembaga RA menjadi alternatif atau pilihan utama pendidikan dimata masyarakat, dimana masyarakat memiliki penilaian yang baik dan memberikan kepercayaan penuh terhadap RA dalam membina, mendidik anak-anak mereka untuk menjadi anak yang cerdas, pintar serta soleh dan solihah sehingga hendaknya kita mampu mengelolanya dengan baik karena RA merupakan pendidikan dasar yang memiliki nilai Plus agama.

Himam juga menandaskan bahwa untuk menjadi yang terbaik dalam pengembagan RA, maka seluruh Kepala RA harus mengutamakan rasa memiliki untuk memajukan lembaga serta selalu berinovasi dan mau bersaing dengan lembaga lain dengan bersaing secara sehat dan paling utama guru RA raharus sesui dengan kompetesi dan juga mengajar dengan hati dan kreatifitas tinggi agar Mampu bersaing dengan pendidikan umum lainya.

“ Kita meyakinkan masyarakat bahwa RA lebih berkualitas dan kepada seluruh guru maupun kepala sekolah mari senantiasa berinovasi, membangun sinergitas sesama lembaga RA dan saling melengkapi kekurangan-kekurangan untuk menjadikan RA sebagai lembaga pendidikan terdepan dimata masyarakat,” Ujarnya.

Hal senada diungkapkan Mustaghfiroh, Staf Pendidikan madrasah bahwa untuk laporan pertanggungjawaban Bantuan Operasional RA (BOP) akan dibagikan merata tahun ini namun berdasarkan evaluasi tahun 2018, maka hendaknya lebih dibuat rapi dan tertib. (ima/rf)