Tingkatkan Kwalitas Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi SIAGA

Kudus – Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Kudus melaksanakan  kegiatan penguatan Data Pendidikan  Agama Islam dan sosialisasi   Aplikasi Siaga , Senin  ( 18/2 ) dilaksanakan di Hotel @ Home Kudus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus  dihadiri  Kasi PAIS , M.Kafit, Pengawas PAI, Ketua KKG / MGMP dan Operator  SIMPATIKA/SIAGA se Kabupaten Kudus .

M. Kafit menjelaskan bahwa tujuan   sosialisasi  yaitu agar semua guru PAI dapat melakukan  pemutakhiran  data pada aplikasi  Siaga  serta memberikan pemahaman  tentang  Penguatan Data. Dijelaskan pula bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 40 peserta dari unsur  pengawas PAIS, KKG SD PAI, MGMP, MGMP SMP PAI, MGMP SMA PAI dan MGMP SMK PAI.

Kepala Kantor Kementerian Agaama Kabupaten Kudus, Noor Badi menyampaikan bahwa setiap guru PAI, Pengawas , KKG dan MGMP wajib melaporkan  data detail masing masing ,  termasuk data siswa , data pendidik , data kependidikan melalui  Emis dan simpatika yang berbasisis Web.

Terkait dengan penguatan data PAI, beliau menyampaikan bahwa  EMIS ( Education Managemen Information System) merupakan sistim pendataan yang ada di dalam dunia pendidikan dan EMIS tersebut merupakan satu satunya pintu yang dimiliki Kemenag dalam rangka untuk mendapatkan data yang valid.

Dijelaskan pula terkait dengan SIAGA ( Sistim Informasi Administrasi Guru Agama) dikatakan SIAGA  adalah aplikasi pengganti Simpatika yang wajib digunakan oleh seluruh guru agama untuk melakukan verval data GPAI secara  online . Disamping itu , Aplikasi Siaga juga menjadi dasar Dirjen Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan program  sertifikasi , pembayaran TPG dan pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan (PPKB). Oleh karena itu mari kita tingkatkan kwalitas pendidikan .

Hadir sebagai nara sumber dalam kengiatan ini adalah KaKanKemenag Kab. Kudus Noor Badi, Kasi Pais , M.Kafit dan Operator Simpatika /Siaga Kemenag . (St.Zul-wwk/bd)