Tingkatkan Literasi, MAN 1 Kebumen adakan Bedah Buku

Kebumen – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen secara rutin menyelenggarakan gebyar bulan bahasa setiap tahun, setelah sebelumnya digelar Webinar Geopark pada (16/10), gebyar berikutnya adalah bedah buku Novel “Lavina” karya penulis muda ternama Ainun Nufus yang hadir secara langsung sebagai narasumber pada Selasa (19/10).

Bedah buku yang bertujuan untuk meningkatkan semangat berliterasi warga madrasah ini diikuti oleh guru dan siswa MAN 1 Kebumen.

Menurut keterangan Kepala MAN I Kebumen, H. Sodikun, dipilhnya novel berjudul Lavina karya Ainun Nufus karena novel ini merupakan novel untuk genre remaja. Sehingga kami sangat berharap akan menjadi magnet yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para siswa, mengingat usia mereka saat ini juga masih remaja.

“Selain itu, novel yang diterbitkan oleh penerbit Bintang Belia Yogyakarta pada tahun 2019  ini juga sudah dicetak empat kali dengan sekali cetak mencapai 3000-4000 eksemplar dan sudah di baca oleh lebih dari 8,3 juta kali di wattpad,” ujar H. Sodikun.

Hal senada juga disampaikan Elly Samodrati, menurutnya kegiatan bedah buku semacam ini penting sekali untuk diadakan guna menggugah minat baca para peserta didik sehingga diharapkan juga mereka memiliki ketertarikan untuk menulis.

Selama kegiatan berlangsung peserta tampak sangat antusias mengikuti bedah buku yang dimoderatori oleh Laely Alfiyatun Nasroh, salah satu guru di MAN 1 Kebumen. Peserta banyak mendapatkan pengetahuan tentang dunia literasi. Tidak hanya mendengarkan, para peserta juga terlibat langsung dalam jalannya kegiatan seperti membuat paragraf cerita, membuat pantun sampai membacakan karya mini yang mereka buat, sambil sesekali membunyikan yel-yel literasi dan ice breaking sebagai penyemangat.

“Apalagi dalam acara tersebut, melalui sesi tanya jawab narasaumber banyak mengemukakan pengalaman tentang perjalanan hingga karyanya banyak dikenal oleh khalayak seperti saat ini,” ujar Elly Samodrati.

“Senang sekali bisa mengikuti kegiatan bedah buku seperti ini, menambah pengalaman dan wawasan apalagi saya berkesempatan membacakan tulisan saya di depan Kak. Nufus, selain itu saya juga mendapatkan reaward dari beliau, senang sekali rasanya. Pengungkapan Ratmaning salah seorang siswa MAN 1 Kebumen. (fz/lan).