Tingkatkan Mutu Guru RA Lewat Workshop Aneka Kreasi Pendidik PAUD

Purwokerto – Masih dalam suasana Hari Pendidikan Nasional, IGRA Kabupaten Banyumas menyelenggarakan Workshop Aneka Kreasi Pendidik PAUD bertempat di Aula Al Ikhlas Kankemenag Banyumas, Kamis (04/05).

Workshop yang diisi oleh Pendongeng Nasional asal Jakarta, Amelia Sofyan atau yang akrab disapa Kak Mia, itu diikuti oleh sekitar 325 peserta dari Ikatan Guru Raudlatul Afthal (IGRA) se-Banyumas.

Ketua IGRA Banyumas, Nasroh mengatakan kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kreativitas pendidik PAUD (RA/BA).

Acara dibuka oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Banyumas, Mughni Labib.  Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop tersebut sekaligus memberikan motivasi kepada guru Raudlatul Athfal (RA). Menjadi guru RA merupakan sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Karena ibu bapak nantinya yang akan menetukan masa depan generasi yang akan datang, imbuhnya.

 

Dalam kegiatan workshop tersebut, Kak Mia memperagakan contoh-contoh kreasi dalam pembelajaran seperti kreasi cap jari, origami, finger painting, dan permainan tradisional nusantara.  

Guru, menurut Kak Mia, juga harus selalu meningkatkan kemampuan active learning dalam proses pembelajaran. Tujuannya agar anak mampu menyerap pembelajaran yang bermakna dan sifatnya melekat sepanjang hayat. Karena pendidikan tingkat PAUD adalah usia emas dalam belajar.

Hadir dalam acara pembukaan, Kasi Penma Kankemenag Banyumas, Pokjawas, PD IGRA, PC IGRA, dan Kepala RA/BA se Banyumas.(hk/bd)