Tingkatkan Pelayanan, Bimas Islam Monitor ke KUA

BLORA – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan nikah di masyarakat, Seksi Bimas Islam Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Blora  melakukan Monitoring dan Evaluasi ke KUA Doplang (28/1). Tim yang terdiri dari Kasi, dan Staf Bimas  tersebut turun langsung menuju beberapa KUA salah satunya di Doplang untuk melakukan monitoring, memberikan arahan dan koordinasi dengan masing masing KUA baik tentang data nikah maupun kinerja ASN serentak di 17 KUA Kecamatan Kabupaten Blora.

Kasi Bimas Islam, Drs.H. Parmono menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk melihat kondisi riil lapangan terhadap  keberadaan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan informasi dan penyuluhan tentang keagamaan di masyarakat.

Selain itu, monev ini juga bermaksud untuk penertiban laporan peristwa nikah dan rujuk, pengadministrasian yang baik, pencatatan peristiwa nikah dengan tertib melalui aplikasi SIMKAH serta kerja yang profesional demi menjaga integritas yang matang di lingkungan Kantor Urusan Agama.

Parmono, berharap kepada seluruh pegawai yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Doplang dan lainnya  untuk selalu meningkatkan kinerja dan kapasitas selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

Selain itu, Parmono  juga berharap agar Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan tersebut, melakukan pengawasan terhadap kegiatan keagamaan yang ada di lingkungannya karena Kepala KUA merupakan tokoh agama di masyarakat dan perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora.

“apalagi saat ini pengawasan tersebut diperlukan  karena dikhawatirkan akan terjadi kegiatan keagamaan yang menjurus kepada ajaran aliran sesat dan menyebarnya paham radikalisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara”paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Penghulu kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Doplang, Mimin Hariyanto menyampaikan bahwa apa yang menjadi catatan dan masukan dari tim monitoring dan evaluasi (Monev) akan menjadi catatan dan perhatian terutama dalam penertiban administrasi nikah dan pencatatan peristiwa nikah melalui SIMKAH untuk meningkatkan kepuasan di masyarakat.

Dengan adanya monitoring dan evaluasi tersebut, maka apabila ada kegiatan yang belum sempurna di Kantor Urusan Agama (KUA) Doplang  bisa ditindaklanjuti untuk dilengkapi dan disempurnakan. “Mudah-mudahan kami bisa bekerja secara cerdas, cermat, cepat, ikhlas dan tuntas seperti yang diharapkan menuju pelayanan KUA dan masyarakat bisa semakin puas”. Ujar Mimin Serius.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan bagi Bimas Islam Kemenag Blora merupakan kegiatan rutin dan berjalan dengan lancar, dengan beberapa  instrumen atau point-point monitoring antara lain di bidang kepegawaian, bidang pemeliharaan, bidang anggaran operasional dan bidang pelayanan nikah. (ima/bd)