Tingkatkan SDM Guru, KKM MA Gelar MGMP Guru

Blora – Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi hampir seluruh kegiatan peserta didik, dimana selain untuk mentransfer ilmu pengetahuan dengan ranah kognitif juga memberikan bimbingan dan pelatihan kepada peserta didik.

Sebagai upaya untuk meningkatkan SDM guru, maka Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MA Kabupaten Blora mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tingkat MA Se-Kabupaten Blora yang diikuti oleh guru Madrasah Aliyah Negeri dan 13 Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Blora yakni sekitar 230 peserta MGMP, dimana masing-masing mata pelajaran MGMP di wakili oleh satu guru mapel saja.

Berbagai guru MA dari berbagai guru mata pelajaran umum (PKn, Bhs. Indonesia, Bhs Inggris, Matematika, Sejarah, Penjas, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi dan Sosiologi) dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta mapel Bahasa Arab nampak antusias dengan sharing dan koordinasi kegiatan tersebut.

M. Fatah,  selaku Kepala MA Negeri Blora. dalam sambutannya, menyampaikan harapan besar agar seluruh Bapak Ibu Guru mata pelajaran dapat mengikuti kegiatan MGMP dengan serius dan kedepannya MGMP ini diharapkan dapat berdampak adanya perubahan yang signifikan terhadap kualitas Sumber daya Manusia (SDM) guru menuju pada tataran Profesional.

Menurutnya, Selain penyampaian implementasi Kurikulum 13 Revisi 2017 Salah satu agenda Musyawarah yang tidak kalah penting adalah rapat pembentukan pengurus Guru Mata Pelajaran Umum dan PAI dilanjutkan dengan pembahasan agenda dan langkah kerja serta program kerja peningkatan guru Madrasah Aliyah kedepan, dan dilaksanakan seluruh guru mapel kecuali BK dan Seni Budaya.

Berbagai hal dibahas dalam MGMP tersebut seperti teknik dan metode pembelajaran, pedoman dan buku pebelajaran, penilaian kegiatan belajar mengajar dan lainnya sebagai pembekalan dan sinkronisasi terpadu bagi guru MA se-kabupaten Blora.(umi/ima/bd)