Pemaparan Materi Budaya Digital Dalam Melindungi Anak l

Tip dan Trik Melindungi Anak Diruang Digital Ala Kasi PHU Kankemenag Brebes

Brebes, Kasubbag TU Kantor Kementerin Agama Kabupaten Brebes menjadi pemateri webinar Gerakan Nasional Literasi Digital dengan judul “Melindungi Anak Diruang Digital” pada Senin, 16/08/2021.

Webinar ini merupakan inisiasi dari Kominfo bekerja sama dengan gerakan literasi digital, siber kreasi, dan Kementerian Agama RI.  Dr.H. Mad Soleh, M.Si., Kepala seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah berkesempatan hadir sebagai pembicara dengan topik Budaya Digital pada webinar kali ini.

Beberapa pembicara lain yang turut meramaikan acara ini seperti Fitrriana Aenun, S. Pd. M. Pd Kepala MTsN 3 Purworejo dan Ali Rohmat, M.Hum.

Webinar diikuti oleh lebih dari 700 peserta. Webinar yang berlangsung selama 3 jam ini membicarakan beberapa sub-topik tetang literasi digital di antaranya: Kecakapan digital, keamanan digital, etika digital dan budaya digital.

Dalam materinya, Kasi PHU H. Mad Soleh. Mengharapkan webinar kali ini bisa meningkatkan minat dan kecakapan para peserta khususnya dalam literasi digital, mengingat tingginya penggunaan internet di Indonesia saat ini.

“Program digital bertujuan untuk membuat masyarakat cakap dalam menggunakan literasi digital. Tentunya saya mendukung program ini untuk menambah kecakapan digital masyarakat kabupaten Breges agar dapat memanfaatkan internet dan teknologi digital ini untuk hal-hal yang positif dan kreatif, menambah daya saing, meningkatkan perekonomian, hingga nantinya dapat turut serta membangun kabupaten brebes.” ungkapnya.

Hj. Fitriana Aenun, S.Pd.M.Ed. dalam materinya memaparkan pentingnya transformasi digital di Madrasah, cara cerdas memanfaatkan teknologi dan internet dalam dunia Pendidikan Islam, serta memanfaatkan kiat-kiat pembelajaran daring yang efektif di masa pandemi ini.

“Dunia digital menjadi kebutuhan semua kalangan, termasuk guru dan siswa yang menjadi kebutuhan pembelajaran di abad ke-21 saat ini. Untuk memenuhi tuntutan layanan Madrasah di era digital, diperlukan sumber, metode dan sistem yang efektif untuk menunjang pembelajaran.” papar Fitriana dalam materinya.

Di penghujung materi, Kepala Seksi PHU Kemenag. Brebes ini juga membagikan kiat-kiatnya dalam membangun budaya digital bagi anak-anak dalam memanfaatkann peralatan digital, terutama di masa pembelajaran secara daring di Kabupaten Brebes, dan anak terlindungi dari ekses negatif sehingga tidak terjadi degradasi moral dan akhlak anak-anak bangsa.(hid/Sua).