Tryout Mandiri Sesi I Siswa MAN Blora Berjalan Lancar

Blora – Dalam rangka mempersiapkan mental dan ketepatan berpikir siswa untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada bulan April mendatang, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora  menggelar Try Out Mandiri Online, pada Senin (28-31/01) ini.

Kepala MAN Blora, Amirudin Azis melalui Waka Kurikulum Yuni Dewi L mengatakan bahwa Kegiatan try out ini dilaksanakan dalam rangka persiapan UNBK MAN Blora Tahun 2019, dimana hari pertama dimulai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia (28/01) dan siswa mengikuti dengan penuh semangat dan tertib sehingga tryout berjalan sukses dan lancar.

“kami berharap kegiatan try out mandiri ini bisa membantu siswa kami dalam menghadapi UNBK sesungguhnya, pada bulan April nanti, sehingga siswa bisa lancar mengerjakan soal ujian secara online”.

Pelaksanaan tryout mandiri ini diikuti sebanyak 372 siswa kelas XII dan dibagi menjadi tiga sesi, yakni Sesi pertama pukul 07.30-09.30 WIB, sesi kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan sesi ketiga ini dimulai sekitar pukul 14.00-16.00 serta masing-masing siswa menempati empat ruangan.

 “Try out Mandiri ini menggunakan soal yang disusun secara mandiri oleh Bapak/Ibu guru pengampu mapel UN yang sudah disesuaikan dengan kisi-kisi soal UNBK 2019”papar Yuni serius.

Selain materi soal, Dewi menambahkan, tryout dengan sistem online membuat siswanya bisa cepat beradaptasi. “Mudah-mudahan anak-anak nanti menjadi terbiasa dengan banyak berlatih sial seperti ini,” ujarnya.

Muhammad Khoiruddin (XII IPS 1), salah satu siswa MAN Blora mengatakan, sistem aplikasi tryout tidak mengalami masalah, dan dari 50 soal bahasa Indonesia yang diujikan, semuanya berjalan lancar.

Kepala MAN Blora, Drs. H. Amiruddin Aziz, M.Pd.I menambahkan, tahun ini merupakan kedua kalinya madrasahnya menyelenggarakan tryout online secara mandiri.

Pihaknya pun berharap tryout online yang dimulai hari ini bisa membantu mengevaluasi pelaksanaannya. “Kami belum berpengalaman menyelenggarakan sendiri namun alhamdulillah pelaksanaanya berjalan lancar mudah mudahan bermanfaat bagi upaya melatih mental siswa menghadapi UNBK nanti,” katanya. (umi/ima/bd)