Tumbuhkan Kepedulian Dan Kebersamaan Dengan Aksi Bersih Lingkungan

Surakarta – Dalam rangka menyambut Hari Bapak Pramuka Indonesia seluruh siswa MIN Surakarta melakukan  aksi peduli lingkungan dengan membersihkan dan merapikan lingkungan disekitarnya.Sambil mengenakan seragam pramuka lengkap para siswa dan guru itu merampungkan tugasnya, Jum’at (12/4) pagi.

Anik Ustadzah, Kepala madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan Satya dan Darma Pramuka. Dimulai dengan menyiapkan sapu, kemoceng dan alat kebersihan lainnya para siswa yang dikoordinir oleh gurunya itu dengan tekun membersihkan kelas dan lingkungan sekitar madrasah.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan rasa memiliki  terhadap madrasah dan lingkungannya. Sehingga kelak para anak didiknya itu akan memiliki rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan, saling menghargai, dan tumbuhnya kebersamaan,” ujar Anik.

Kegiatan yang melibatkan seluruh siswa,  guru dan karyawan itu merupakan bentuk  tanggung jawab bersama agar kebersihan dilingkungan mereka belajar itu bisa lebih maksimal,” pungkasnya.

Untuk bisa terus berlanjut, pembelajaran tentang lingkungan hidup, kebersihan dan kesisiplinan juga disisipkan sebagai bentuk pembelajaran diluar kelas.

“Dalam kurikulum tigabelas, pembelajaran tidak hanya dilakukan dalam kelas. maka kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan kesempatan untuk pengembangan pembelajaran diluar kelas,” imbuh Anik. (Rozi-rma/bd)