Tumbuhkan Motivasi Belajar, MIN 4 Sragen Adakan Hypotherapi

Sragen-Dalam proses pembelajaran siswa setiap guru mempunyai keinginan agar semua siswanya dapat memperoleh hasil belajar yang baik dan memuaskan. Harapan tersebut seringkali kandas dan tidak bisa terwujud, karena banyak siswa tidak seperti yang diharapkan. Maka sering mengalami berbagai macam kesulitan dalam belajar. Salah satu faktor kesulitan dalam belajar adalah kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa.

Kepala MIN 4 Sragen Mudhofar mengungkapkan hal tersebut ketika mengawali kegiatan motivasi yang diikuti siswa kelas 4,5 dan 6 sejumlah 132 anak beserta orangtua mereka di Masjid Raudlatussholihin Kwangen Gemolong, Senin (19/03).

"Harapan kita, anak didik siswa madrasah ini dalam ujian maupun tes selalu mendapatkan nilai yang terbaik, namun seringkali semangat atau motivasi anak kurang, untuk itu kita harus memotivasinya, kata Mudhofar.

“Mohon kepada orangtua untuk selalu memotivasi putra-putrinya untuk terus belajar, mendampingi setiap langkahnya dan khusus kepada siswa dan orangtua kelas 6 harus lebih menjadi perhatian” sambungnya.

Acara motivasi yang diawali dengan sholat dhuha tersebut mengambil tema spiritual motivation character building. Sebagai narasumber adalah Dra.Biyarni,M.Si,CH,CHt yang merupakan tracking dan hiking beserta timnya dari Alfa Training Center.

Pemberian motivasi selanjutnya  adalah dengan pemutaran film yg berorientasi pada pendidikan karakter anak. Film yang membawa semangat, menyentuh dan yang membawa semua peserta selalu mensyukuri nikmat Allah.

Pada kegiatan inti, tim Alfa Training Center melakukan pemberian motivasi siswa dengan metode hypnoteraphi. Motivasi metode ini menurut Biyarni adalah dengan cara memberikan motivasi dibawah alam sadar yang nantinya akan efektif memotivasi siswa ke arah yang lebih baik.

“Hypnoteraphi adalah pemberian motovasi dengan  memprogram ulang pikiran bawah sadar siswa dengan kita atur ulang agar meraka menjadi sosok siswa/siswi yang lebih baik dari sebelumnya, lebih percaya diri dan memiliki masa depan dan tujuan yang jelas” kata Biyarni

Pada akhir acara, Kepala MIN 4 Sragen menyampaikan bahwa program motivasi ini akan menjadi program rutin tahunan, karena jika dilakukan secara berkelanjutan akan mengingatkan siswa-siswi untuk senantiasa berbuat baik,tanpa ada paksaan dan tekanan dab selalu berusaha meningkatkan prestasi belajarnya. (mud/ira)