Tuntutan Kerja Professional di Hari Guru

Ayo kita semua sehatkan anak bangsa

Ayo kita semua cerdaskan anak bangsa

Membina para generasi muda

Mendidik dengan akhlak yang mulia  (Syair lagu senam PGRI)

Surakarta – Penggalan syair dan lirik lagu tersebut diatas, beberapa hari lalu berkumandang di Aula gedung 2,  MTsN  1 Surakarta, mulai Rabu – Jum’at (6-9/11) kemarin.

Lagu tersebut adalah lagu baru. Rencananya, akan dipakai sebagai  lagu pengiring pada lomba senam yang akan ditampilkan pada acara peringatan HUT ke-73 Hari Guru Nasional (HGN) 2018, Kamis,15 November 2018 , di aula SMK Negeri 7 Surakarta.

Oleh karena ada tuntutan kerja professional, maka delapan orang  ibu guru dari MTsN 1 Surakarta, yang ikut berlomba pada HUT tersebut,  berlatih senam dengan sungguh-sungguh dan harus mempersiapkan diri untuk tampil sebaik-baiknya pada lomba senam PGRI.

“Banyak kendala yang harus kami (tim senam) hadapi. Disamping materi senam baru dikenal, dan gerakannya variatif, kami harus menyesuaikan jadwal mengajar yang berbeda diantara anggota tim. Padahal waktu latihan hanya dua pekan,” keluh Mastutik,  salah satu anggota tim senam itu.

“Kami baru mengenal senam PGRI, ya sekarang ini. Sebelumnya belum pernah. Tapi insyaa Allah kami akan berusaha…,” tekad Rasdiyana, penuh semangat.

Meskipun demikian,katanya, kami berusaha untuk tidak meninggalkan jam mengajar. Sebisanya kami atur.

“Kalau jam 1 sampai 2 banyak yang tidak mengajar kami latihan.  Bahkan beberapa dari kami mengajak siswa untuk belajar di aula bagian luar, sehingga kegiatan belajar mengajar anak-anak tetap dalam pengawasan, saat kami latihan,” ungkap Nur Asih, salah satu tim senam MTsN itu.

Menghadapi  kondisi yang demikian itu, Kepala MTsN 1 Surakarta, Kirno Suwanto, berharap agar anak buahnya tetap berlatih dengan sungguh-sungguh, semangat, dan berusaha untuk menghafal semua gerakan.

“Tapi juga harus memperhatikan jam mengajar. Jangan sampai meninggalkan jam mengajar. Ingat, kurang dari tiga minggu lagi akan dilaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS), “ ujar Kirno Suwanto, mengingatkan anak buahnya itu.

Acara yang akan dilombakan pada peringatan HUT PGRI ke-73 dan HGN tahun 2018 ; lomba artikel PTK bagi guru, senam PGRI, dan paduan suara. Dari kesekian lomba itu, MTsN Surakarta 1 hanya mengikuti lomba senam PGRI. (diana_rma/bd)