UAMBN Harus Menekankan Pada Aspek Integritas dan Kejujuran Siswa Madrasah

Wonogiri – Bertempat di Aula Kankemenag Wonogiri, di langsungkan acara sosialisasi I Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  Madrasah (UAMBN) pada Madarasah Aliyah Tahun Pelajaran 2018/2019, Selasa (08/01) yang di ikuti Kepala MA se Kabupaten Wonogiri dan jajaran seksi pendidikan madrasah.

Dalam arahan dan pembinaannya Ka. Kankemenag Wonogiri, Subadi mengungkapkan bahwa momentum Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Madrasah (UAMBN) harus ditanggapi dengan serius mengingat ujian akhir masih menjadi salah satu barometer pengukur keberhasilan anak didik di madrasah.

Mengingat sampai saat ini Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) adalah hajat besar bagi Madrasah endingnya sukses penyelenggaraan dan sukses hasilnya untuk itu perlu persiapan dan kerja keras dan kejujuran kita bersama, namun peningkatan kualitas anak didik tetap menjadi tujuan utama dari suatu proses pembelajaran.

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, menurut Subadi perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah.

Untuk itu ia berharap pelaksanaan UAMBN di Kabupaten Wonogiri dipersiapkan dengan baik, pelaksanaanya harus dapat dipertanggungjawabkan dan hasilnya nanti dapat dibanggakan oleh masyarakat.

“laksanakan dengan jujur, aman, tertib serta peserta didik mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar,” jelas Subadi

Kepada para guru Madrasah ia berpesan untuk terus dapat memberi motivasi tanpa terkesan menakut-nakuti anak didiknya.

“Berilah motivasi dan pencerahan kepada peserta UAMBN, jangan malah menakut-nakuti, pastikan dan semangati mereka agar mampu mengerjakan dengan jujur, baik dan benar, anak-anak harus rilek dan santai tetapi tetap harus serius,” pesannya

Sedangkan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini menurut Kasi Pendidikan Madrasah, Fauzi Rohman Jauhari adalah untuk memberikan informasi kepada penyelenggara agar UAMBN dapat terlaksana sesuai aturan yang berlaku, mendorong penyelenggara UAMBN agar segera melakukan persiapan secara instensif dan memadahi. (mursyid_heri/wul)