UAMBN Untuk Mengetahui Hasil Evaluasi Belajar

Pemalang – Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) mulai hari ini, Senin (17/4) serempak mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bestandar Nasional (UAMBN) tahun pelajaran 2016/2017. UAMBN akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.

Untuk mengetahui ketercapaian  program yang merujuk pada pemenuhan target Prosedur Operasional Standar (POS) UAMBN, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang menugaskan Tim ke MTs penyelenggara UAMBN di Kabupaten Pemalang. Tim bertugas untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi UAMBN tingkat MTs.

Selain Tim Kankemenag, pelaksanaan UAMBN MTs di hari pertama turut dimonitoring oleh Tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Badrus Salam, Kasubbag Informasi dan Humas.

Badrus meninjau pelaksanaan UAMBN di MTs Negeri Pemalang untuk mapel Al-Qur’an Hadits dan MTs Al-Munawarah Taman untuk mapel Akhidah Akhlak. Dia akan melaksanakan monitoring UAMBN MTs di Kabupaten Pemalang selama dua hari.

“Pelaksanan UAMBN MTs yang akan dilaksanakan selama 4 hari sebenarnya tidak cukup hanya dimonitoring selama 2 hari. Tapi Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten juga akan melaporkan hasil pelaksanaan UAMBN sebagai bagian dari monitoring UAMBN MTs. Dari pelaksanaan UAMBN kita bisa mengetahui hasil evaluasi belajar mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab seluruh siswa MTs,” ujar Badrus dalam keterangannya.

Badrus meninjau satu per satu ruangan UAMBN dengan didampingi oleh Kepala Madrasah. Selama meninjau, dia berkomunikasi dengan pengawas ruangan terkait kendala dalam pelaksanaan UAMBN. Pada umumnya pelaksanaan UAMBN di kedua MTs berjalan lancar. Seluruh Siswa MTsN Pemalang dan MTs Al-Munawaroh mengikuti UAMBN.

“Hari ini adalah pelaksanaan UAMBN hari pertama, masih ada tiga hari lagi yang harus dilalui. Semoga semuanya berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan sampai hari terakhir pelaksanaan,” harapnya. (fi/rf).