Uji Coba PTM Tahap II di MTs Negeri 2 Pekalongan Sudah Berjalan Sesuai Prokes

Kab. Pekalongan – Sejak hari pertama (26/4) pelaksanaan Uji Coba PTM di MTs Negeri 2 Pekalongan,  para siswa tetap bersemangat menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Guru-guru yang bertugas mengarahkan siswa,  cukup memudahkan siswa dalam menjalankan tahapan-tahapan 5M. Orang tua murid juga kelihatannya sudah sangat menyadari akan pentingnya menjaga protokol kesehatan.  Hal ini terlihat dari mereka yang mengantarkan anaknya ke madrasah menggunakan masker dari rumah dengan benar dan menjaga jarak.

H. Imam Sayekti, Kepala MTs Negeri 2 Pekalongan, mengatakan bahwa semua warga MTs Negeri 2 Pekalongan benar-benar berkeinginan agar wabah Covid-19 ini segera berakhir. Mereka bahu membahu dalam menerapkan rambu-rambu prokes, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan menghindari kerumunan. Tekad bulat yang mereka canangkan adalah memutus penyebaran Covid-19 dengan mendisiplinkan diri masing-masing dalam menerapkan 5 M. Tekad ini mereka buktikan dalam pengawasan terhadap anak didiknya untuk tetap bersemangat menjaga protokol kesehatan.

“Kami berharap agar pelaksanaan Uji Coba PTM Tahap II di MTs N 2 Pekalongan ini berjalan lancar dan dinyatakan berhasil oleh pihak-pihak yang berwenang.”kata H. Imam Sayekti.  

Dalam pelaksanaan Uji Coba PTM Tahap II, untuk satu kelas hanya diisi 50?ri jumlah normal.  Siswa diatur mulai dari kedatangan sampai kepulangan. Masuk area madrasah, siswa cek suhu, dilanjutkan cuci tangan dengan sambun, lalu berjalan menuju ruang masing-masing dengan jarak 1,5 meter. Kepulangan siswa juga diatur dengan rentang waktu 5 menit untuk setiap kelas dan siswa berjalan tetap menjaga jarak aman, 1,5 meter. Seperti saat kedatangan, kepulangan siswa juga dicek suhu, cuci tangan, dan berjalan meninggalkan kelas dengan tetap menjaga jarak.

Disampaikan lebih lanjut disampaikan  oleh H. Imam Sayekti, “Kegiatan ini telah dimonitor oleh Puskesmas setempat, Senin (26/4). Juga oleh Kesbangpol pada hari berikutnya. Pada hari jumatnya (30/4), monitor juga dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Pekalongan, Kemenkes, Kemendikbud, dan Kemenag Kabupaten Pekalongan.

“Penilaian mereka umumnya mengerucut pada satu kesimpulan bahwa pelaksanaan Uji Coba PTM Tahap II di MTs Negeri 2 Pekalongan sudah berjalan sesuai Prokes dengan penerapan 5M secara ketat. Mereka berharap agar uji coba ini bisa diperluas, sehingga dapat menjangkau banyak siswa dan bisa berlanjut ke tahap berikutnya.” sambungnya.

Semua memang berharap agar penanganan Covid-19 dapat terlaksana dengan baik sehingga mata rantai penyebarannya dapat dihentikan. Pastinya, ini  membutuhkan kesungguhan dari semua pihak untuk saling mendukung dan saling mengingatkan dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat yaitu  tetap memapakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi. (Ll/Ant/bd)