Ujian Tahfidz, 8 Siswa MTsN 1 Pati Murojaah 5 Juz

Ujian Tahfidz, 8 Siswa MTsN 1 Pati Murojaah 5 Juz

Pati – Ujian Tahfidz 5 Juz kembali digelarMTsN 1 Pati, pada Selasa (12/10). Sebanyak delapan siswa mengikuti ujian tahfidz, yaitu Charis Fadilah Fatwa Fukaha, Naila Zulfa Faizatin, Alya Fitria Rahmatika, Aira Nur Hanifah, Alya Inayatul Husna, Aulya Putri Wulan, Nana Kusuma Wardani, dan Durrotun Asyifa Baizurman. Kedelapan siswa tersebut dibagi ke dalam delapan majelis, yakni Masjid Baitul Makmur lantai 1 dan 2, Ruang Digital 1, Ruang Musik, Perpustakaan, Laboratorium IPA, serta Aula Asrama Siswa lantai 1 dan 2.

Pelaksanaan ujian tahfidz dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan selesai. Sebelum ujian dimulai, seluruh peserta mengikuti briefing di masjid, kemudian menuju ke ruang ujian masing-masing. Peserta yang mengikuti ujianwajib didampingi oleh orangtua/wali santri  dan walikelas. Adapun aspek penilaian dalam ujian tahfidz ini, meliputitajwid, fashohah, dan kelancaran.

Koordinator program tahfidz, Nur Muhsin, menyatakan bahwa Ujian Tahfidz 5 Juz berjalan lancar. “Alhamdulillah, pelaksanaan ujian sesuai dengan yang diharapkan. Secara umum tidak ada kendala baik dari segi waktu, sarana prasarana, dan administrasi,” ungkapnya.

Nur juga menjelaskan bahwa ujian tahfidz yang diikuti para siswa ini telah melalui berbagai proses. “Siswa melakukan murojaah minimal 5 juz kepada ustadz/ustadzah. Jika siswa dianggapsudah mampu melaksanakan ujian maka disarankanmengikutiujiantahfidz,”ungkapnya. Sebelum mengikuti ujian, siswa diarahkan untuk untuk melakukan murojaah lebih banyak lagiagar siswa tidak merasa berat pada saat pelaksanaan testahfidz.

Lebih lanjut, Nurmengungkapkan bahwapada pelaksanaan ujian tahfidz,  setiap satu orang penguji hanya menguji satu siswa. Selanjutnya, siswa yang telah lulus mengikuti ujian tahfidz ini akan diberi penghargaan. “Penghargaannya dengan cara mewisuda mereka sebagai lulusan tahfidz. InsyaAllah, wisudatahfidzdilaksanakan pada 23 Oktober 2021 mendatang,” imbuhnya.

Alya Inayatul Husna, salah satu peserta ujian tahfidz, mengatakan bahwa dirinya merasa senang dapat menyelesaikan ujian tahfidz dengan baik. “Alhamdulillah, saya bersyukur bisa mengikuti tes tahfidz. Semua ini berkat doa orangtuaku yang selalu memberikan semangat untuk terus menghafal,“ ucapnya. Menurutnya, persiapan yang ia lakukan untuk mengikuti ujian tahfidz ini dengan seringsima’an juz 1-5 bersama teman pondoknya. “Persiapannya, cukup rajinsima’an dengan teman di pondok,” imbuhnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, mengucap syukur karena ujian tahfidzberjalan lancar. “Alhamdulillah, semoga kegiatan inidapat memberikan manfaat bagi anak-anak dan orangtua khususnya, juga untuk keluarga besar MTsN 1 Pati tercinta,” ujarnya. (TiM/at)