UNBK Madrasah Diharapkan Tidak Kalah Penting Dengan Sekolah Pendidikan Umum

Grobogan – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kepala Kantor Kemenag Kab.Grobogan melakukan monitoring dan melihat pelaksanaan ujian nasional yang menggunakan media komputer, Senin (23/4). Kegiatan tersebut selain untuk memantau UNBK agar berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan dan tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaan.

Dalam monitoring oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Grobogan Hambali meninjau secara langsung kondisi ruang ujian serta pengawasnya. pelaksanaan UNBK di madrasah menunjukkan bahwa madrasah tidak kalah dengan sekolah pendidikan umum, dan banyak diminati masyarakat.

“Pelaksanaan UNBK di madrasah merupakan wujud nyata mensukseskan program Kementerian Agama, terutama bidang pendidikan. Mudah-mudahan tahun depan semua MTs yang lain bisa melengkapi sarana dan prasarananya, sehingga bisa melaksanakan Ujian berbasis komputer”pintanya.

Kesiapan sarana madrasah dan kesiapan siswa dalam menjalani UNBK harus diupayakan semaksimal mungkin, agar dari tahun ke tahun akan semakin meningkat, sehingga akan membuahkan hasil maksimal. dan diharapkan seluruh siswa bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal ujian dengan baik dan benar sehingga nantinya bisa lulus 100% serta bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Hambali tak lupa memberikan motivasi kepada siswa, “Kuncinya adalah percaya diri. Kepercayaan diri itu sangat penting ketika mengikuti ujian” ungkapnya.

Menurut Kepala MTs Sunniyah Talhah Ahmad pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer khusus di MTs Sunniyah dibagi menjadi tiga sesion, sesi pertama pada pukul 08.00 Wib 10.00 Wib, sesion kedua dimulai pukul 10.00 Wib 12.00 Wib, dan sesion ketiga dimulai pukul 14.00 Wib – 16 00 Wib, dengan menggunakan 3 ruangan, semua yang mengikuti ujian 347 siswa putra putri.

“hari pertama ini tidak ada kendala sedikit pun, persiapannya sudah baik dan berjalan sesuai rencana,” kata Ahmad.

Sedangkan Pelaksanaan UNBK di Mts Al Islah Pulokulon menurut Kepala Madrasah Maskuri menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian pada hari ini menggunakan 2 ruangan, 65 Komputer yang telah disiapkan olah Madrasah dan di ikuti 187 peserta ujian, adapun materi yang di ujikan pada hari pertama ini adalah bahasa indonesia, adapun hari kedua UNBK materinya adalah matematika.(bd)