Undang Orang Tua/Wali Kelas XII untuk Sosialisasi UNBK, UAMBN-BK dan USBN

Tegal (Slawi)-Madrasah dan Jajaran Komite MAN 2 Tegal menggelar rapat bersama orang tua/wali peserta kelas XII guna membahas Sosialisasi UNBK, UAMBN-BK, USBN Tahun Pelajaran 2018/2019 serta persiapan-persiapan menjelang kegiatan akhir bagi peserta didik kelas XII.

Kegiatan yang dibuka dengan lantunan sholawat dari grup hadroh Nurul Qolbi MAN 2 Tegal serta pembacaan ayat Suci Al-Qur’an oleh salah seorang siswa ini digelar juga untuk menyambung tali silaturrahim dengan wali murid khususnya kelas XII.

Khasan Bisri selaku Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum menyampaikan, Persiapan Kegiatan Akhir untuk seluruh peserta didik kelas XII bukan hanya menjadi tugas Bapak/Ibu guru di madrasah, karena guru hanya bisa mengawasi ketika proses belajar mengajar di madrasah. Selebihnya ketika sudah di rumah pengawasan kepada peserta didik tentunya menjadi tugas orang tua atau wali peserta didik.

 “Setelah kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS), peserta didik kelas XII sudah harus menyiapkan kegiatan Simulasi 1 Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 11 Desember 2018 mendatang,” kata Bisri.

Ditemui setelah rapat selesai Jum'at (23/11), Moh. Irfan selaku Ketua Komite MAN 2 Tegal menuturkan tujuan rapat bersama orang tua/wali murid kelas XII ini untuk membahas persiapan ujian serta kebutuhan biaya untuk pelaksanaan ujian-ujian bagi peserta didik kelas XII, dan bagaimanapun beban dan tanggung jawab seorang siswa dan siswi awalnya dari orang tua, termasuk pembiayaan dan sebagainya.

 “Sekarang adalah eranya keterbukaan, sehingga segala kebutuhan yang harus dikeluarkan madrasah, secara otomatis harus dimusyawarahkan dengan orang tua/wali murid untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, serta sebagai bentuk transparansi madrasah,” tambahnya.

Dalam musyawarah tersebut, pihak madrasah dan orang tua/wali murid bersepakat akan bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan ujian-ujian bagi peserta didik kelas XII, sehingga dari segi perencanaan, pelaksanaan dan hasil akan sesuai apa yang diharapkan oleh semuanya.

 “Mudah-mudahan MAN 2 Tegal akan lebih maju dan menciptakan siswa siswi yang benar-benar bermanfaat untuk bangsa dan negara, khususnya agama Islam”, ungkapnya.

Salah seorang orang tua peserta didik Siti Barkah yang ditemui selepas mengikuti rapat tersebut, mengatakan saya sangat senang dengan disosialisasikannya kegiatan akhir atau ujian-ujian yang nantinya akan dihadapi oleh peserta didik kelas XII.

“Saya sangat senang dengan diadakan sosialisai kegiatan akhir, sehingga kami orang tua juga akan berusaha mengawasi anak-anak kami ketika di rumah”, pungkasnya. (dhi-ras/rf)