Unik, Upacara Peringati Hari Guru di MTsN 1 Pati

Pati – Ada hal unik dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) MTsN 1 Pati, yang digelar di lapangan madrasah setempat, Senin (26/11/2018). Kepala madrasah, Ali Musyafak, selaku Pembina upacara menyampaikan sambutan / amanat dengan berpuisi yang bertajuk ‘Guruku Idolaku, Guruku Uswatunku’.

Upacara peringatan hari guru dan ulang tahun ke-73 PGRI di MTsN 1 berjalan khidmat, meriah, dan unik. Hal ini juga dikarenakan adanya surprise dari para siswa yang melakukan selebrasi khusus untuk para guru usai upacara.

Selain itu, peringatan hari guru di MTsN 1 Pati ini betul – betul berkesan karena para siswa yang selama dua pekan terakhir berjuang di ajang POPDA Kabupaten Pati, memberikan kado terindah kepada para guru dan lembaga berupa prestasi, yaitu peringkat ke – 5 dari 26 SMP/MTs yang mengikuti kompetisi. Dan juga ada penghargaan dari siswa kepada guru terfavorit dan pegawai teristiqomah berdasarkan hasil survey dari seluruh siswa.

Ali Musyafak dalam sambutannya menyatakan bahwa ia sangat bangga terhadap guru dan pegawai MTsN 1 Pati yang telah menghantarkan para siswa lebih berprestasi, lebih berkarakter, dan lebih istiqomah dalam melaksanakan program-program unggulan madrasah, ujarnya.

“Ini adalah kado terindah untuk MTsN 1 Pati, 2 emas, 1 perunggu atletik, 1 emas voli indoor putra, 1 emas, 1 perak tenis meja putra-putri dan 1 emas pencak silat. Luar biasa, 5 emas, 1 perak, 1 perunggu, selamat dan terima kasih yang tak terhingga untuk anak –

Anakku dan para pelatih,” tandasnya dengan nada senang.

Hal tak terduga berikutnya adalah surprise dari para siswa. Begitu Pembina upacara turun dari mimbar, para siswa mengambil alih pasukan dan melakukan selebrasi dengan membentangkan spanduk sepanjang 30 meter berisi foto semua guru dan pegawai dan bertuliskan ‘Kami siswa – siswi MTsN 1 Pati mengucapkan selamat Hari Guru Nasional 2018. Bapak dan Ibu, tetap semangat dalam meningkatkan profesionalisme menuju pendidikan abad 21’.

Diakhir upacara dilakukan pemberian bunga kepada seluruh guru dan pegawai diiringi dengan pembacaan puisi berjudul ‘Dariku untukmu Guruku’ oleh Zila dari kelas VIII A, dilanjutkan penghargaan kepada guru terfavorit dan pegawai teristiqomah berdasarkan hasil survey dari 1.087 siswa.

Kategori guru favorit pria, Mujiwanto, guru favorit wanita, Ulfatun Ni’mah, dan pegawai teristiqomah, Masfufah (PTT sejak tahun 1984). Selebrasi pun ditutup dengan lagu ‘terimakasihku’. (mj/Am/bd)