Unjuk Kreativitas Guru RA Lewat Lomba Kaligrafi

Salatiga – “Porseni yang  digelar IGRA Kota Salatiga bertujuan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas guru RA, melatih keberanian dan kepercayaan diri. Di sisi lain, lomba tersebut juga menjalin kekeluargaan antar guru RA guna membangun semangat para guru dalam mendidik muridnya,”  ungkap Retno Worowidati pada pembukaan Porseni Guru RA.

Puluhan guru yang tergabung dalam Ikatan guru Raudhatul Atfal (IGRA) Kota Salatiga, unjuk kemampuan di ajang kreativitas dan lomba guru RA di RA Syamila Kids, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo Salatiga, akhir pekan lalu.

Lomba yang dilaksanakan di antaranya Kaligrafi, Lomba 5 M ( Menggambar, Mewarnai, Melipat, Mengunting dan Menempel ) dan lomba senam anak sholeh.

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama, Retno Worowidati menjelaskan porseni tersebut berlangsung meriah, terutama pada lomba senam anak sholeh.

Kerena keterbatasan jumlah guru RA, lomba digelar antar kecamatan, di mana dalam satu tim terdiri atas beberapa guru RA dalam satu kecamatan. Sementara pada lomba kaligrafi dan lomba 5M, para guru berlomba secara individu.

Retno menambahkan,  mereka serius mengikuti lomba itu. Bila biasanya guru yang mengajar murid RA agar mampu membuat kaligrafi dan 5 M, kali ini para guru tersebut yang harus membuktikan kemampuan mereka.

“Dari kegiatan ini kami bisa mengetahui bagaimna kemampuan sesungguhnya para guru RA, sehingga ke depan akan disempurnakan dengan berbagai program IGRA,” kata Retno didampingi Ketua IGRA Salatiga, Neneng Sumartini.

Adapun juara 1 kaligrafi diraih Cholidah (RA Maarif Pulutan), juara 2 Nailil Asna (RA Syamila Kids) dan juara 3 Annisa Dini (RA Perwanida 1). Lalu juara 1 lomba 5 M diraih Luluk Suci Rahayu (RA Perwanida 1), juara 2 Isnaini Tursinia (RA syamila Kids) dan juara 3 Nur Khowiyah (RA Maarif Pulutan). Adapun juara 1 senam anak sholeh diraih IGRA Kecamatan Sidorejo, juara 2 IGRA Kecamatan Sidomukti dan juara 3 Kecamatan Argomulyo. (KK/gt)