Upaya Menciptakan Anak Didik Berkualitas

Temanggung – Dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW MAN Temanggung mengadakan kegiatan yaitu Spiritual and Character Building. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan, pembinaan mental serta menanamkan dan membentuk karakter siswa sebagai salah satu upaya dalam proses peningkatan kualitas sumber daya siswa.

Kegiatan tersebut diawali perlombaan antar kelas bidang olahraga terdiri dari lomba futsal untuk siswa, voly untuk siswi, bulu tangkis dan tenis meja perorangan. Sedangkan untuk cabang  religi ada lomba adzan, dai-daiyah, murottal dan lomba kaligrafi.

Sebagai puncak acara adalah hari ini, Kamis 14 Desember 2017 bertempat di MAN Temanggung  menghadirkan KH. Sholihun dari Magelang  untuk memberikan materi taushiyah dalam acara Spiritual and Character Building.  Selain seluruh siswa MAN acara dihadiri oleh undangan  dari  majelis taklim SMA/MA dan juga SMP/MTs di lingkungan MAN Temanggung.

Kepala MAN Temangggung, Ali Masyhar menyatakan kunci keberhasilan madrasah adalah membawa madrasah menjadi lebih baik dan sukses. Untuk meraih hal tersebut mestinya harus diadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendidik siswa-siswi madrasah, salah satu diantaranya adalah kegiatan Spiritual and Character Building. Kepemimpinan yang ditanamkan kepada siswa ini mutlak membutuhkan komitmen dan integritas, sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan output pendidikan bisa unggul.

Tidak ada siswa yang tidak dapat dididik. Yang ada adalah guru yang belum berhasil mendidik. Jalan keluarnya adalah, memasukkan pendidikan karakter pada setiap kurikulum yang diprogramkan di madrasah ini, baik secara formal maupun nonformal. Dengan demikian setiap apa yang diajarkan berlandaskan pada asas pembangunan karakter dan akan menghasilkan individu berkarakter selanjutnya akan tercipta madrasah yang lebih baik, ujarnya.

Beliau  menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan tujuan nasional pendidikan maka pengembangan karakter siswa merupakan salah satu bagian dari tujuan tersebut. “ Kegiatan ini sebagai upaya menciptakan anak didik berkualitas secara ilmu pengetahuan, agamis, berkarakter dan berakhlakul karimah,” jelasnya.(sr/Af)