Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris di MTsN 1 Pemalang

Pemalang – Madrasah merupakan lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama harus semakin hebat dan meningkat mutunya. Salah satu upaya meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris bagi para peserta didik adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Improving English Skill (Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris) yang sebagaimana diselenggarakan oleh MTs Negeri 1 Pemalang.

Kegiatan tersebut, berlangsung mulai tanggal 10 Desember 2018 sampai dengan 5 Januari 2019 bertempat di Aula MTsN 1 Pemalang. Kegiatan diikuti oleh semua peserta didik kelas VII unggulan bahasa, kelas IX-1 dan IX.2.

“Tujuan dari diadakannya kegiatan Improving English Skill untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi peserta didik, khususnya kelas IX yang akan menempuh UNBK. Diharapkan nilai mata pelajaran bahasa Inggris semakin meningkat. Kegiatan ini menghadirkan Guru Bahasa Inggris dari Gaza Pare English School¬† Pare-Kediri.”

Demikian penjelasan Kepala MTsN 1 Pemalang, Mimbar saat memberikan sambutan dalam kegiatan Opening Ceremony of Full Day English. Kegiatan turut dihadiri oleh Ketua Komite dan Pengawas MTsN 1 Pemalang.

Menurut penuturan Ketua Komite, dr. H. Agus Gunawan, Komite sangat mendukung kegiatan ini sebagai terobosan baru yang digagas oleh Kepala Madrasah. Sementara itu, Pengawas Sobirin berharap kegiatan ini bisa ditindaklanjuti. 

“Saya berharap kegiatan ini ditindaklanjuti kedepannya dengan menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa harian di madrasah ini, sehingga kelak peserta didik dengan mudah bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri,” jelas Sobirin dalam sambutannya. Dia mencontohkan anaknya yang merupakan alumnus MTsN 1 Pemalang, saat ini menempuh pendidikan di Australia.

Tim Guru pembimbing dari Gaza Pare dipimpin oleh Mr. Syafin dan berjumlah empat orang. Mereka akan membimbing sejak jam 07.00 sampai dengan 16.00 WIB setiap hari. Khusus hari Minggu dipergunakan untuk city tour. Peserta akan berbicara langsung dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris. (izin/fi/rf)