Upgrading Mutu Madrasah, MTsN 1 Pati Optimalkan Program Sahabat Madrasah

Pati – Setelah melakukan MoU dengan MTs Taris Jakenan dalam rangka peningkatan dan pemerataan mutu baru-baru ini, MTsN 1 Pati kembali melebarkan sayapnya dengan menggandeng MTs PIM Mujahidin Bageng, Gembong, Pati sebagai madrasah binaannya. Penandatangan MoU berlangsung pada Sabtu, (29/5) di MTsN 1 Pati. Acara dibuka dengan pembacaan Syahadat, dilanjutkan lantunan ayat suci Alquran, doa, sambutan Kepala MTsN 1 Pati dan Ketua Yayasan MTs PIM Mujahidin Bageng, diakhiri dengan diskusi atau sharing antar-Koordinator Bidang Sains dan Tahfidz.

MTsN 1 Pati menjadi rujukan sebagai Madrasah Pembina karena telah memberikan inspirasi dan gambaran kedepan sebagai madrasah yang hebat bermartabat. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kepala MTs PIM Mujahidin Bageng, Nur Cholis, saat wawancara usai acara.

Nur Cholis menyebutkan, kerja sama yang dilakukan dibidang Sains dan Tahfidz ini merupakan cita-cita para pendiri dan seluruh civitasakademika madrasah yang Ia pimpin. “Ini ruhnya madrasah kami, yang hanya ada di MTsN 1 Pati,” ungkapnya. Ia berharap dengan kerja sama yang dilakukan oleh pihaknya ini, bersinergi dengan MTsN 1 Pati dapat mewujudkan cita-cita bersama menuju madrasah unggul dan berkelas dunia.

Sementara itu, Ketua Yayasan PIM Mujahidin Bageng menjelaskan, peningkatan mutu sebuah madrasah tentunya tidak dilihat dari kuantitas seberapa banyak jumlah siswanya saja, akan tetapi konsistensi dalam menghasilkan prestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik. “Mohon dukungan serta bimbingan dari seluruh komponen MTsN 1 Pati. Semoga kerja sama ini berjalan lancar dan istiqomah, dapat meningkatkan kualitas dan bermanfaat bagi madrasah kami,” harap Kunadi.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyampaikan dengan adanya MoU program Sahabat Madrasah diharapkan dapat mengimbaskan keunggulan MTsN 1 Pati sebagai madrasah berkarakter, madrasah riset, dan madrasah unggulan di bidang akademik sehingga mampu mewujudkan madrasah hebat bermartabat berkelas dunia.

Kini, Madrasah yang terletak di pelosok Pati bagian selatan ini telah memiliki 4 Sahabat Madrasah yang terdiri atas MTsManahijul Huda Ngagel, MI Taris Winong, MTs Taris Jakenan serta MTs PIM Mujahidin Bageng, Gembong, dan dalam waktu dekat ini MTsN 1 Pati juga akan melakukan kerja sama dengan MIN 2 Pati.

“Mari kita bersama-sama mensukseskan program dari Pak Kakanwil. Terimakasih yang tak terhingga atas niat baik MTs PIM Mujahidin untuk menjadi Sahabat Madrasah MTsN 1 Pati. Semoga dengan terjalinnya kolaborasi yang harmonis antarkedua madrasah ini, kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi,” ujar Syafak. (TiM/at)