UPZ Demak Peduli Masyarakat Kecil

Demak – Bantuan dana dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang disalurkan kepada masyarakat miskin di Kabupaten Demak dinilai sangat membantu ekonomi masyarakat saat ini, terlebih bantuan berupa modal dan usaha ternak kepada masyarakat miskin yang membutuhkan. Seperti disampaikan Ali (39) warga Desa Donorejo Demak kepada redaksi, bahwa ia merasa bahagia sekali mendapatkan bantuan berupa dua ekor kambing. Hal ini sesuai dengan dia harapkan selama, karena jangankan untuk membeli kambing secara pribadi, untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari saja susah.

Pemberian Bantuan dilakukan di desa Mangunjiwan Demak kota, yang dipimpin oleh Muhaimin selaku bagian pengembangan UPZ Demak, dihadiri oleh Ketua Pokjaluh Ali Mustofa dan wakil dari penyuluh dari beberapa KUA, penyerahan dilakukan secara simbolis, beliau berpesan kepada penerima zakat produktif, agar memanfaatkan bantuan kambing ini secara baik untuk dipelihara dan menjadi berkembang, agar pada saatnya nanti dengan kurun waktu kurang lebih 2 tahun, akan digulirkan kan kepada yang lainnya, agar merasakan juga zakat produktif kambing in juga, pesannya secara langsung dalam menyampaikan kambing ke warga masyarakat.

“Tentunya dengan bantuan UPZ yang diberikan pada keluarga kami ini sangat membantu perekonomian, pasalnya bantuan kambing ini sangat mudah mengembangkan dan mencari makannya, karena di sekitar kita banyak rumput segar yang dapat dimanfaatkan untuk makan kambing ini,” ucap Ali, warga kalikondang demak.

Dengan bantuan kambing ini, dia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kementerian Agama Kabupaten Demak dan Kasubbag Tata Usaha yang selalu memprogramkan zakat produktif bantuan kambing dari seluruh pegawai melalui bendahara secara otomotis telah sukarela dan sadar mentasarufkan 2,5% dari seluruh gajinya dan hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat kecil di Siak saat ini.

“Alhamdulilah bantuan UPZ dikampung kami berupa kambing saat ini terus berkembang dan warga kami yang mendapatkan bantuan tersebut saat ini kambingnya semakin banyak. Bantuan seperti ini benar-benar sangat luar biasa manfaatnya, karena masyarakat kecil tidak perlu mengeluarkan modal banyak dalam mengembangkan ternaknya, cukup dengan mencari rumput dikebun dan disawah untuk memenuhi kebutuhan makan binatang peliharaanya, yang jelas bantuan UPZ sangat dirasakan masyarakat,” ungkap ketua Pokjaluh Ali Mustofa.

Muhaimin selaku penangung jawab dibidang pengembangan UPZ mencanangkan ditahun 2017 ini bisa memberikan bantuan zakat produktif tidak hanya kambing tapi bisa meningkat ke sapi, berharap hal ini bisa terwujud dengan dukungan berbagai pihak, harapnya. (tgh/gt)