UPZ Kemenag Pati Bagikan Ribuan Paket Sembako

Pati – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, membagikan ribuan paket sembako, Rabu lalu (5/5/2021). Pembagian itu menyasar kepada merbot masjid, yatim dan dhuafa di wilayah eks kawedanan Pati.

Menurut Ketua UPZ Kankemenag Pati Muhammad Juned, total paket sembako yang dibagikan tersebut sejumlah 1.700 buah. Ini merupakan zakat para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kankemenag Pati. “Ini mulai Januari – Maret (selama tiga bulan) dan kita tasarufkan kepada para mustahik di Kecamatan Margorejo, Tlogowungu, Pati, dan Kecamatan Gembong,” katanya.

Bantuan itu 429 paket dibagi habis di Kecamatan Pati, Kecamatan Gembong 372 paket, Kecamatan Tlogowungu 396 paket, kecamatan Margorejo 386 paket, sedang sisanya kata Muhammad Juned akan dibagikan untuk mustahik di sekitar lingkungan Kantor Kemenag Pati.

“Kegiatan rutin tahunan ini diatur dalam empat kali pembagian atau setiap tiga bulan sekali kita tasarufkan untuk dhuafa dan yatim. Kebetulan untuk triwulan pertama tahun ini bertepatan dengan Ramadhan jadi sekalian untuk merayakan Idul Fitri sehingga kita bagikan agar yatim dan dhuafa bisa menikmati,” jelasnya.

Muhammad Juned mengatakan, nilai total pentasarufan untuk triwulan pertama di 2021 ini mencapai Rp. 292,764 juta. Berdasar SE Menag RI Nomor 4 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri, pendistribusian zakat dikemas dalam bentuk paket tanpa menumpukkan masa, tapi dengan mengantar ke rumah-rumah mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat. (at)