Usai Uji Coba PTM, MAN 2 Brebes Lakukan Swab Antigen

Brebes – Setelah dua pekan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), MAN 2 Brebes menggelar tes rapid antigen pada Sabtu, (7/5). Hal tersebut sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, usai uji coba PTM semua sekolah yang mengadakan kegiatan ini harus  mengikuti tes rapid antigen, tidak terkecuali MAN 2 Brebes.

“Pemeriksaan rapid antigen, 10 guru dan 15 siswa dalam satu sekolah / madrasah diambil secara sampel random yang disiapkan pihak sekolah,” kata Mudrikah, selaku Kepala Puskesmas Kaliwadas.

Mudrikah menambahkan, tes tersebut merupakan upaya evaluasi setelah PTM digelar sejak dua pekan lalu. ” Tujuannya paling tidak monitoring dan evaluasi pelaksanaan PTM yang sudah berlangsung sejak 26 April s.d. 6 Mei 2021. Jenis Swab yang dilakukan oleh tim dari  Puskesmas Kaliwadas adalah Antigen. Kelebihan tes Swab Antigen adalah hasilnya dapat terdeteksi dalam waktu kurang dari 15 menit,“ jelas Mudrikah.

Lutfil Hakim, Kepala Madrasah aliyah Negeri 2 Brebes mengatakan, PTM sejauh ini berjalan lancar. PTM berjalan sesuai prokes yang kami terapkan. Tidak ada hambatan berjalan sesuai harapan. Memakai masker, face shield, hand sanitizer.

”Hasil sampel tes Swab Antigen yang dilakukan terhadap 10 guru dan 15 siswa. Alhamdulillah nonreaktif semua,” pungkas Lutfil.(ESW/Sua)