Ustad/Ustadzah Kab/Ko se- Jateng Mengikuti Bimtek Persiapan Pelaksanaan PBSB

Semarang – Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Bimtek Penerimaan Beasiswa Santri Berprestasi Online, Senin (20/02) di Hotel Muria Semarang. Acara dibuka oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani, diikuti 30 peserta dari ustad/ustadah pondok pesantren Kab/Ko se-Jateng, 5 peserta dari UIN Walisongo, serta 5 staf Bidang PD Pontren.

Dalam laporannya, Kasi Pendidikan Diniyah Takmiliyah Hamid Dimyati, mengatakan dengan  diadakan Bimtek Penerimaan Beasiswa Santri Berprestasi Online upaya untuk memperluas akses bagi santri berprestasi untuk memperoleh pendidikan tinggi, melalui tindakan alternatif dalam masuk perguruan tinggi negeri.

Mengawali Sambutan sekaligus pemateri, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Farhani mengatakan bahwa,” Program Biasiswa Santri berprestasi ini program pemerintah khususnya Kementerian Agama untuk memberikan kesempatan santri untuk mengikuti studi dibeberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.” katanya.

Melalui jalur program bea siswa santri berprestasi (PBSB) bahwa santri tidak bisa masuk dan kurang mampu bersaing di Perguruan Tinggi Negeri tersebut terbantahkan.

Adapun pada tahun 2016, yang mengikuti seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari yang lolos seleksi 500 peserta, yang berhasil lolos seleksi 44 peserta.

Lebih lanjut   Farhani  berharap untuk tahun 2017,” banyak para santri yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri mempunyai prestasi akademik yang memuaskan bahkan istimewa bisa bersaing dengan anak-anak dari sekolah negeri lainnya,” imbuhnya.

Selanjutnya Bimtek Persiapan Pelaksanaan Program Beasiswa Santri mendatangkan narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Farhani, Kepala Bidang PD Pontren Sholihin, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Asep Supriatna dan A. Taupik Rahman.

Diakhir acara  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Farhani mengharapkan kepada peserta yang hadir   dapat mensosialisasikan hasil yang didapat melalui Bimtek Persiapan Progam Santri  Berprestasi (PBSB) kepesantren – pesantren.(rf).