Vaksin ke-2 Sukseskan Uji Coba PTM Tahap ke-2

Brebes – Setelah sukses melaksanakan uji Coba PTM tahap pertama, MAN 1 Brebes kembali dijadikan madrasah percontohan uji coba PTM tahap ke-2 di kab. Brebes. Kegiatan berlangsung dari tanggal 26 April  s.d. 8 Mei 2021 mendatang. Usulan tersebut berdasarkan nota Dinas dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  Nomor 00636/ KADIN/ IV/2021 perihal Rencana Perluasan Pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka di masa Pandemi Covid-19 ini.

MAN 1 Brebes sebagai bagian dari madrasah yang ada di kabupaten Brebes, terpilih bersama 5 sekolah yang lain untuk dijadikan percontohan uji coba PTM ini dan 6 sekolah usulan baru atau penambahan. 5 sekolah tersebut merupakan sekolah yang telah melaksanakan uji coba PTM tahap pertama dan 6 sekolah usulan baru merupakan sekolah tambahan yang baru melaksanakan uji coba PTM. Sekolah usulan baru tersebut masing-masing  SMAN 1 Brebes, SMK N 1 Tonjong, SMA N 1 Bumiayu, SMK Muhammadiyah Bumiayu, SMP N 2 Brebes, dan MTs N 1 Brebes.

Guna persiapan uji coba PTM ini, pada tanggal  28 April 2021 sebanyak lebih dari 97 guru dan karyawan Tata Usaha MAN 1 Brebes melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap ke- 2 sebagai salah satu syarat diperbolehkannya proses pelaksanaan PTM yang terselenggara berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Brebes dan Puskesmas Kaligangsa Brebes. Sebelumnya, pada tanggal 31 Maret 2021 MAN 1 Brebes telah melakukan vaksin tahap ke-1.

Kepala MAN 1 Brebes, Ahmad Najid menegaskan, sebagai madrasah percontohan PTM di kab. Brebes, pihaknya telah mempersiapkan dengan baik sejumlah persiapan guna memenuhi syarat pelaksanaan PTM. Selain pelaksanaan vaksinasi bagi guru dan karyawan, MAN 1 Brebes juga mendapat monitoring  dari tim gugus Covid kab. Brebes. Selain itu MAN 1 Brebes membentuk tim Satgas Covid madrasah, tim kurikulum, serta membuka komunikasi  dengan orangtua/wali murid.

“Semua dilakukan dengan tetap mengedepankan prokes, hal ini ditunjukkan dengan ketersediannya tempat cuci tangan, cek suhu, face shield, hand sanitizer, masker maupun sabun cair,” jelas Ahmad Najid.

Teknis Pelaksanaan PTM di MAN 1 Brebes hanya diadakan bagi 96 siswa atau mendapat perluasan 22 siswa dari tahap sebelumnya dan hanya mengadakan 9 dari 36 kelas dan perkelasnya  berisi 12 siswa. Tiap mata pelajaran  berlangsung 30 menit tanpa istirahat. Kelas yang ditunjuk mengikuti uji coba PTM tahap kedua ini adalah kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 5, X IIK 2, XC, XI IPA 1, XI IPS 1,  XI IPS 3 dan XI IIK 1 dengan dibantu oleh masing-masing wali kelas, siswanya dimintakan mengisi link berisi surat pernyataan orangtua calon peserta uji coba PTM sekaligus pendataan usulan prioritas vaksinasi bagi siswa.

“Siswa yang ikut uji coba PTM adalah siswa terpilih dan siswa yang sama selama 11 hari,” terang Eko Pudjianto, Waka bidang Kurikulum dan Ketua Tim Satgas covid.

“Dan bagi siswa yang tidak ditunjuk mengikuti uji coba PTM, mereka tetap mengikuti kegiatan belajar online sesuai jadwal,” lanjutnya.

Kepala MAN 1 Brebes berharap dengan divaksinnya seluruh guru dan karyawan Staf Tata Usaha MAN 1 Brebes ini, semoga selalu dalam keadaan sehat dan dapat beraktivitas mengajar dengan baik serta tetap waspada dan menjaga ketat protokol kesehatan di mana pun.(Aini Salsabila/Sua)