Vaksinasi Santri Ponpes Di Batang Terus Di genjot

* Para santri sedang melakukan pendaftaran untuk mengikuti vaksinasi covid-19 di pondoknya

Batang – Dalam rangka Penguatan Imun para Santri Kemenag Kab. Batang terus mendorong Imunisasi santri di pondok pesantren baik Santri yang bersekolah umum di Madrasah dan Sekolah maupun santri yang hanya mengaji saja. Karena kemajuan vaksinasi  santri menjadi laporan wajib setiap minggu dari Seksi PD Pontren ke Bidang PD Pontren kanwil kemenag. Salah satu Ponpes di kecamatan Limpung kab. Batang  TPI Al-Hidayah, dan Al-Ishlah menggelar Vaksinasi Massal pada Jumat (05/11) yang lalu.

KH. Manaf Sya’ir pengasuh Pondok dan seluruh pengasuh memberikan contoh pertama kali divaksin, yang dilanjutkan para santri secara berurutan.

“ Kami mengawali pelaksanaan vaksinasi ini, karena kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar lahir untuk menghindarkan penularan covid-19, vaksin tidak bertentangan dengan syariah maka saya mengajak para santri untuk mengikutinya,” jelas KH. Manaf Sya’ir.

* Tampak santriwati dengan tertib dan antusias menanti giliran untuk melakukan vaksinasi covid-19

Salah satu pengasuh Ponpes TPI Alhidayah Plumbon Limpung Hj. Khafidloh menjelaskan bahwa vaksinasi massal yang dilakukan merupakan vaksinasi gelombang kedua setelah santri umumiyah (formal) yang dilakukan bergantian tiap jenjangnya, dari MI, MTs, MA, dan SMK Al-Sya’iriyah di dalam lingkup sekolah.

“ Sampai saat ini sudah lebih dari 1000 santri yang sudah di vaksin,” ujar Hj Khafidloh

Dia juga mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi bertempat di auditorium 2 yang dipantau langsung oleh polsek kecamatan Limpung dan jajaran Koramil.

“ Alhamdulillah hari ini kita dapat melanjutkan vaksinasi untuk para santri, semoga ikhtiar ini benar-benar dapat memutus mata rantai penularan covid-19 kususnya dilingkungan pondok, sehingga para santri dapat sehat semua dapat menuntut ilmu dengan nyaman,” tuturnya.

Kasi PD. Pontren Kemenag Kab. Batang H. Sugiedi secara terpisah menjelaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pengasuh ponpes juga melakukan komunikasi dengan dinas kesehatan agar pelaksanaan vaksinasi untuk santri pondok pesantren dapat segera dituntaskan.

“ Sejauh ini semua ponpes telah melaksanakan vaksinasi covid-19, mereka langsung berkomunikasi dengan para petugas vaksin dari puskesmas masing-masing, sebelumnya kita telah berkoordinasi dengan dinkes Batang agar pelaksanaan vaksin untuk santri segera dituntaskan,”ungkapnya. (Sis.Zawa / Zy)