Validitas Data Sebagai Pedoman Pengambilan Kebijakan

Blora-Data emis (Education Management Information Sistem) dapat dijadikan sarana untuk evaluasi dan planning demi kemajuuan lembaga.  data yang valid sangat berguna bagi kelanjutan Pendidikan Islam yang akan datang, berguna untuk pedoman dalam pengambilan kebijakan suatu program. Demikan dikatakan Kasi Pendidikan madrasah kemenag Blora Parmono saat memberikan sambutan  pada rakor seksi pendidikan madrasah di Aula Kemenag Blora. kamis (2/2).

Selanjutnya, Parmono meminta peserta Rakor meningkatkan Mutu Data madrasah, untuk lebih mampu menguasai IT. hal-hal yang terkait dengan data sangat berhubungan dengan teknologi, Sehingga menuntut para operator madrasah maupun RA untuk semakin mahir dalam mengoperasikan aplikasi EMIS dan online.

Di hadapan peserta Rakor, parmono juga menegaskan pentingnya data bagi Kemenag, karena data dapat berguna untuk memetakan secara tepat, membuat rencana, dan memiliki gambaran umum tentang kondisi paling baru dunia pendidikan Agama Islam. “Ini sangat berguna terutama dalam hal penyaluran dana pendidikan, sehingga tepat sasaran dan tepat guna:ujarnya.

Kegiatan ini sangat diperlukan untuk memberikan wawasan dan pemahaman bagi operator data Emis. Sehingga bagi pengelola data Emis mampu menghindari dari double accounting siswa maupun terkait NISN siswa serta sebagai dasar pedoman dalam melaksanakan kebijakan anggaran seperti BOS, PIP, BOP, sertifikasi guru dan lainnya.

“salah dalam menyusun data EMIS berakibat fatal pada proses pengajuan anggaran maka mohon untuk diisi dan dicermati dengan baik supaya program kita bisa tepat sasaran dan tepat kualitas”paparnya.

Selain itu, dalam rakor tersebut juga dibahas terkait program pada tahun sekarang serta evaluasi kegiatan baik BOS, PIP maupun TPG pada tahun 2016 untuk dapat memperbaiki yang akan datang.(ima/bd)