Wahyu Prasetyo, dari Lasem untuk Duta Harmoni 2021

Rembang – Kecamatan Lasem merupakan wajah Indonesia yang mempunyai keberagaman. Hal inilah yang mendorong MAN 2 Rembang yang terletak di Kecamatan Lasem ini mengikutsertakan siswanya mengikuti lomba pemilihan Duta Harmoni, sebagai duta moderasi beragama tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Kementerian Agama RI.

Siswa tersebut adalah Wahyu Prasetyo. Wahyu mengemukakan, Lasem merupakan kota kecil yang heterogen. Masyarakatnya multietinis, yaitu Jawa, Arab dan China. Demikian pula masyarakatnya menganut lima agama, yang mayoritas muslim. Islam, Nasrani, Budha, dan Konghucu.

“Kendati beda etnis dan agama semuanya bisa hidup rukun berdampingan. Inilah miniatur Indonesia yang sudah terbentuk ratusan tahun yang lalu,” kata Wahyu seperti yang diunggah dalam videonya di kanal Youtube MAN 2 Rembang Official.

Tak ayal, Lasem ini banyak dijadikan rujukan sebagai kota harmoni. Di sini banyak destinasi wisata religi, antara lain Masjid Jami Lasem, Vihara Ratanavana Arama Sendangcoyo Lasem, Petilasan Sunan Bonang Lasem, Klenteng, Kawasan Pecinan Lasem, komplek Ponpes Kauman Lasem, kampung batik tulis Lasem dan lainnya.

Semua tempat ibadah dari berbagai agama juga tetap berdiri kokoh dan pemeluknya juga bebas menjalankan ibadah.

Untuk meningkatkan keharmonisan kehidupan antar umat beragama, Wahyu Prasetyo membentuk komunitas remaja lintas agama berupa Forum Kerukunan Remaja Beragama Lasem. Komunitas ini digunakan untuk saling bertukar pikiran tentang ide dan kegiatan yang positif.

Wahyu meminta dukungan kepada segenap masyarakat Rembang untuk menjadi Duta Harmoni 2021 sebagai upaya Kemenag RI untuk mewujudkan moderasi beragama. — iq