Wakil Bupati : Jangan Lengah untuk Terus Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Wonogiri – Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah mengadakan Seminar Nasional dan Even Seni Budaya dengan tema “Mengembangkan Cinta Kasih untuk Mewujudkan Indonesia yang Toleran dan Multikultur” Jum’at – Sabtu (24 – 25/2) di  Gedung Giri Wahana kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri, turut hadir dalam acara pembukaan Seminar ini dihadiri oleh jajaran Unsur Pimpinan Daerah, Ketua FKUB Kabupaten Wonogiri, Pejabat dari Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembimas Budha dari berbagai daerah se Indonesia, mahasiswa, tokoh agama dengan jumlah sekitar 250 orang. Narasumber pada kegiatan seminar ini adalah Bhiku Santacito, Ph.D, Prof DR Ismi Astuti Nurhaeni, M.Si, Prof. Dr. Panja Djati, M.Si, Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos, dan Drs. Supriyadi, M.Pd.

Kegiatan di buka Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa mewakili Bupati Wonogiri dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerukunan antar umat beragama adalah unsur fundamental yang harus di jaga apalagi di tengah berbagai hambatan, tantangan dan ancaman menjaga toleransi dalam multikultural, di butuhkan kebijaksanaan dan sikap kebangsaan dari segenap komponen bangsa dan masyarakat. “Masyarakat kita masih rawan dengan benturan antar etnik dan antar agama, sehingga tidak boleh lengah untuk terus menjaganya” terang Wabup Edy Santosa.

Tugas semua komponen bangsa tegas wabup untuk menciptakan kerukunan umat beragama, sebagai fondasi bagi kehidupan ideal berbangsa dan bernegara. Untuk itu mari kita kembalikan pandangan hidup kita pada Pancasila, yang di dalamnya mengandung semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Sedangkan Ketua STABN Raden Wijaya, DR. Hesti Sadyati, SE M.Si mengatakan Seminar ini dalam rangka Dies Natalis STABN Raden Wijaya Wonogiri. “Selain itu, melalui seminar akan dikaji bagaimana merumuskan strategi baru bidang pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu tema kali ini adalah Mengembangkan Cinta Kasih  Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Toleran Dan Multikultur” tandasnya.

Hesti Sadyati juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri yang sangat membantu proses dinamika yang terjadi di STABN Raden Wijaya hingga berkembang seperti sekarang ini. “Saya juga berharap STABN Raden Wijaya dapat bermetamorfosis menjadi lembaga yang lebih besar, berdayaguna bagi bangsa dan negara” jelasnya. (Mursyid_Heri/Wul)