Wakil Bupati Temanggung Lepas Calon Jemaah Haji Tahun 2018

Temanggung – Sebanyak 486 calon haji (calhaj) Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam Kloter 19 dan Kloter 20 diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Solo.

Para calon haji ini dilepas Bupati Temanggung yang diwakili oleh Wakil Bupati, Irawan Prasetyadi dari Pendopo Pengayoman Temanggung, Sabtu (21/7) pada pukul 10.00 WIB untuk Kloter 19 dan pukul 13.00 WIB untuk Kloter 20.

Irawan sempat memberikan arahan sebelum melepas calon jamaah haji kloter 19 dan 20 ini berangkat. Dalam arahan singkatnya Wakil Bupati mengingatkan calon jamaah haji yang berangkat merupakan orang pilihan dan dan beruntung, sehingga dapat menunaikan rukun Islam kelima pada musim haji tahun ini. “Karena itu manfaatkanlah kesempatan yang sangat terbatas ini, sebab jumlah umat Islam yang berkeinginan berangkat ke Tanah Suci lebih besar dari kuota yang ditetapkan,” pesannya.

“Tolong dijaga kesehatannya karena kondisi cuaca menjadi salah satu tantangan berat ibadah haji. Semoga bapak ibu sehat dan bisa melaksanakan rukun haji sehingga pulang menjadi mabrur,” ujarnya.

Kepada seluruh calon jemaah haji Irawan juga berharap agar memperbanyak doa di tempat- tempat yang mustajab di Tanah Suci.

Wakil Bupati  juga titip doa kepada para jemaah. “Berdoalah untuk kemakmuran Kabupaten Temanggung. Minta doa agar para pemimpin Kabupaten Temanggung diberi kekuatan untuk menjalankan amanah dengan baik, semoga Kabupaten Temanggung dijauhkan dari musibah,” pintanya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama, yang diwakili Kasubbag TU, Yusuf Purwanto  mengatakan, calon haji Kabupaten Kabupaten Temanggung terbagi dalam lima kloter. Kloter 19 dan 20 berangkat Sabtu (21/07), Kloter 30 dan Kloter 31 berangkat Rabu (25/07), sedangkan Kloter 95 berangkat (14/08).

Jumlah jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 19 berjumlah 133 jemaah bergabung dengan Kota Magelang dan Kabupaten Kebumen, kloter 20 berjumlah 353 jemaah, kloter 30 berjumlah 353 jemaah, kloter 31 berjumlah 301 jemaah bergabung dengan Kabupaten Wonosobo dan Kloter 95 yaitu kloter sapu jagad berjumlah 27 jamaah.

Selanjutnya, Irawan mengajak para calon haji menuju busnya masing-masing. Ratusan keluarga, pejabat dan tokoh agama juga ikut melepas calon haji. Para calon haji ini akan menginap semalam di asrama haji dan terbang ke tanah suci esok hari. Mereka dijadwalkan tiba kembali ke tanah air pada 2 September mendatang.(sr/sua)