Wali Murid MI Al Fatah Turut Sukseskan AKMI Tahun 2021

Banjarnegara – Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang digelar perdana di Tahun 2021, wali murid MI Al Fatah siap dukung dan sukseskan kegiatan tersebut,Sabtu, (13/11)

AKMI merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Dalam sosialisasinya, Durotun Nafisah kepala madrasah menjelaskan bahwa Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi social budaya termasuk survey karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

“Dan untuk mensukseskan kegiatan tersebut kita perlu adanya kerjasama dengan semua komponen madrasah, kepala sekolah, guru, komite, yayasan, dan juga para wali murid,” tambahnya.

Peserta AKMI yang terbilang tidak sedikit di MI Al Fatah, dimana ada 94 siswa kelas 5 (lima) yang akan mengikuti asesmen tersebut, maka sangat membutuhkan prasarana seperti laptop atau Hp android. Dan memastikan semua anak bisa mengoperasikannya melalui simulasi yang telah dilakukan beberapa kali.

Wali murid MI Al Fatah menyambut dengan gembira dan siap memberi dukungan dalam kesuksesan AKMI perdana di tahun 2021, seperti yang di ungkapkan salah satu wali Ibu dari ananda Kafa.

“Kami selaku orang tua siap mendukung untuk kesuksesan AKMI, salah satunya kami siap menfasilitasi laptop ataupun HP Android berkuota. Selain itu kami selaku orang tua juga akan memberi dukungan kepercayaan diri anak, memotivasi belajar anak, dan siap berperan meminimalisir learning loss pada anak,” ungkapnya.

“Alhamdulillah dari hari pertama pada sesi 1 dan 2 AKMI berjalan lancar, semua anak telah disiapkan oleh para orang tua laptop dan HP Android berkuota. Dukungan dan kerjasama dari orang tua sangat membantu kelancaran dan kesuksesan jalannya asesmen ini. Semoga hasilnya baik dan mendapat nilai sesuai harapan,” ungkap Rina Wijianti, “selaku guru dan pengawas ruang AKMI.

MI AL Fatah berharap semoga AKMI sesi berikutnya juga demikian, dan yang terpenting semoga dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dan pembentukan karakter yang berakhlakulkarimah. (nas/ak)