Wanita Solehah Idaman Suami

Purbalingga –  Dalam rangka meningkatkan eksistensi organisasi dan turut serta menyemarakkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-72, Dharma Wanita Persatuan dan Perwanida Kankemenag Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Lomba Kultum yang digelar di Aula Lantai II, Kamis (28/12).

Ketua Dharma Wanita Persatuan dan Perwanida Kankemenag Kabupaten Purbalingga, Mulyati Priyantini Suratno menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 21 peserta utusan DWP/Perwanida dari 18 Kecamatan dan 3 Satker yang ada di lingkungan Kankemenag Kabupaten Purbalingga serta DWP Kankemenag Kabupaten Purbalingga.  

“ Peserta lomba adalah anggota Dharma Wanita Persatuan dan Perwanida yang merupakan utusan / perwakilan dari kecamatan, Satker MTsN dan MAN serta DWP dan Perwanida Kankemenag Kabupaten Purbalingga,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa peserta membawakan kultum dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan oleh panitia, yaitu Kiat Mencetak Generasi Qurani, Generasi Dambaan Umat, Istri Solehah Idaman Suami, Wanita yang Menjadi Dambaan Umat, dan Peran Istri dalam Membentuk Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah.

Penilaian lomba dilakukan oleh Dewan Juri yang berjumlah 3 orang mewakili unsur Kelompok Kerja Penyuluh Kabupaten Purbalingga, Pengurus MUI Kabupaten Purbalingga, dan Seksi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Purbalingga. Ketiga Juri tersebut adalah Khikam Aziz, S.Ag – Juri I Bidang Isi dan Bahasa, Imamudin, S.H.I, M.H.I – Juri II Bidang Dalil, dan Abdul Latip, S.Ag. – Juri III Bidang Retorika.

Salah satu peserta, Elok Kuni Mayasari dalam kultumnya menyampaikan bahwa tidak banyak syarat yang dikenakan dalam Islam bagi seorang wanita untuk menerima gelar al Mar’ah ash Shalikhah.

“ Syaratnya ada 2, yaitu taat kepada Allah dan taat kepada suami,” tandasnya.

“ Taat kepada Allah  berarti mencintai Allah melebihi segala-galanya. Melaksanakan segala yang diperintahkan-Nya dan mejauhi segala yang dilarangnya,” tambahnya.

Ia juga mengutip firman Allah dalam Al Quran Surat An Nisa ayat: 34 dan hadits dalam kitab ‘Uqud al Lujayn yang menjelaskan bahwa ciri-ciri wanita solehah adalah taat kepada Alloh dan suaminya, memelihara diri ketika suami tidak berada di rumah dan itulah sebaik-baik simpanan. Istri solehah adalah dambaan setiap suami karena ia akan menentramkan hati.

Menurut Mulyati, direncanakan penerimaan hadiah bagi para pemenang lomba ini akan diberikan bersamaan dengan kegiatan Lomba Tumpeng Dharma Wanita Persatuan yang akan digelar pada acara Tasyakuran 10 Januari mendatang di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga. (sar/  )