Website Kemenag Harus Mampu Menyajikan Berita Terbaru

Purworejo – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Tim Kontributor Berita pada Senin (1/11/2021) di Aula Kantor. Peserta merupakan wakil dari masing-masing unit kerja di lingkungan Kankemenag yang tergabung dalam Tim Kontributor Berita.

Selaku pimpinan rapat, Plt. Kasubbag Tata Usaha Drs. H. Harwal Masyhuda menyampaikan bahwa di era digitalisasi sekarang ini fungsi website bagi pemerintah adalah vital. “Masyarakat untuk mencari informasi sekarang ini tidak membeli koran, tapi melalui handphone dengan melihat website. Jadi website kemenag sebisa mungkin update setiap hari terutama beritanya. Dengan adanya berita menunjukkan kepada masyarakat kalau kita bekerja dan melaksanakan program-program kita. Berita juga merupakan bentuk pelayanan kita kepada masyarakat dalam hal keterbukaan informasi,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Sugiyanto selaku Humas sekaligus koordinator tim memaparkan teknis penyusunan berita. “Komponen berita secara pokok memuat 5W dan 1H yaitu what, who, where, when, why, dan how,” katanya sekaligus menerangkan satu persatu. “Bagi yang telah biasa menulis berita, membuat narasi berita akan terasa mudah. Namun bagi anggota tim yang masih baru dan belum pernah terjun ke dunia jurnalisme tentu akan menemui kesulitan. Kuncinya sering berlatih membuat narasi,” lanjutnya. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Beberapa membagikan pengalamannya dalam menulis narasi berita, sementara yang lain menyimak dengan seksama. (sgy/bd)