Werkudara Mbangun Pesantren Akhiri MATSAMA MAN 1 Surakarta

Surakarta – Menutup rangkaian kegiatan MATSAMA ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) MAN 1 Surakarta,  diselenggarakan pementasan wayang kulit setengah malam di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta, Sabtu (22/7).

Tampil sebagai dalang adalah Ki H. Ahmad Wardimin, M.E.Sy, yang juga merupakan guru MAN 1 Surakarta, dengan mengambil lakon “Werkudara Mbangun Pesantren”.

Menurut wakil kepala bidang kesiswaan, Ali Muhson, kegiatan ini sebagai sarana untuk nguri-uri kebudayaan Jawa di kalangan generasi muda.

“Siswa perlu diperkenalkan dengan budaya bangsa sendiri agar tidak hilang ditelan jaman,” kata Ali di sela-sela acara.

Pementasan di awali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ilma Firliasari, siswi program keagamaan MAN 1 Surakarta. Selanjutnya sambutan dari panitia pelaksana yang diwakili oleh Drs. H. Ali Muhson.

Dalam laporannya, Ali Muhson menyampaikan bahwa kegiatan pentas wayang setengah malam ini bertepatan dengan momen tahun emas MAN 1 Surakarta.

“Pentas malam ini terasa istimewa karena bertepatan dengan tahun emas MAN 1 Surakarta, yang berdiri sejak 21 Juli 1967. Selain itu juga mangayubagya bapak kepala yang bulan Agustus memasuki purna tugas,” kata Ali.

Sementara itu dalam sambutannya kepala kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Muslim Umar, memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara pentas wayang setengah malam.

“Kegiatan ini merupakan sesuatu yang positif karena MAN 1 Surakarta adalah madrasah pertama yang mengadakan pentas wayang. Apalagi dalangnya juga dari guru MAN 1 Surakarta sendiri,” papar Muslim Umar.

Selanjutnya Muslim Umar  menyerahkan tokoh wayang Werkudara kepada Dalang Ki H. Ahmad Wardimin, M.E.Sy.

“Khusus malam ini, saya mengambil lakon Werkudara Mbangun Pesantren, yang sebenarnya tidak ada dalam pakem lakon wayang. Khusus momen MATSAMA, tahun emas, dan purna tugas bapak kepala, saya membuat sendiri sebagai bentuk apresiasi saya untuk MAN 1 Surakarta” kata Wardimin di akhir pentas.

Acara dihadiri oleh semua siswa baru MAN 1 Surakarta, seluruh guru serta masyarakat umum. Turut hadir kepala madrasah se Kota Surakarta dan  beberapa tamu undangan. (ma1-rma/Wul)