Wiharso : Pendidikan Jauh Lebih Penting

Karanganyar  – Tren saat ini setelah lulus dari Madrasah Aliyah adalah melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal tersebut ditegaskan oleh Kasubbag TU pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Wiharso dalam kegiatan Akhirussanah siswa-siswi kelas XIII MAN 2 Karanganyar atau sering disebut MAN Gondangrejo, (11/05).

“Saya berharap kalian tidak berhenti di jenjang aliyah ini, melainkan dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi sesuai dengan kemampuan dan harapan kalian”, kata Wiharso.

Lebih lanjut Kasubbag TU mengatakan bahwa saat ini pendidikan jauh lebih penting untuk mempersiapkan diri di masa depan. Oleh karenanya, Wiharso berharap agar anak madrasah jangan cepat berpuas diri setelah lulus dari Madrasah, melainkan terus belajar dan belajar lagi di jenjang yang lebih tinggi.

Acara yang dilaksanakan di halaman MAN Gondangrejo ini diikuti oleh 162 siswa kelas XII yang lulus pada tahun ini, wali murid, serta siswa-siswi kelas X dan XI MAN Gondangrejo. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala MAN Gondangrejo, Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA serta tamu undangan lainnya.

Kasubbag TU juga menegaskan pada orang tua wali murid bahwa menyekolahkan putra-putrinya di Madrasah Aliyah adalah sebuah keputusan yang tepat karena di madrasah lah anak-anak dibimbing tidak hanya menjadi orang yang cerdas secara intelektual saja, melainkan secara spiritual dan emosional yang akan berguna gai kehidupannya kelak.

Di akhir sambutannya Wiharso berpesan apabila ada diantara siswa kelas XII yang tidak melanjutkan kuliah, maka diharapkan di tengah masyarakat dapat menjadi suri tauladan dan dapat membimbing adik-adiknya di lingkungan sekitar serta berkiprah di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala MAN Gondangrejo, H. Saiful mengatakan bahwa institusi pendidikan yang dikelolanya selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada anak didiknya. Tidak hanya dalam mata pelajaran saja yang diutamakan, kegiatan ekstrakurikuler juga dilatih oleh orang-orang terbaik dibidangnya.

“MAN ini selalu mendatangkan orang-orang terbaik di bidangnya untuk memberikan pelatihan kepada siswa-siswi disini. Paskibraka, latihan ujian SIM, latihan dasar kepemimpinan dengan SBRI Surakarta. Kemarin kami juga ditunjuk oleh Kabupaten Karanganyar sebagai sekolah Adiwiyata sebagai sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan penghijauan”, kata Saiful.

Selain acara utama berupa penyerahan  kembali siswa kelas XII kepada orang tua, kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh sendra tari dan kesenian yang ditampilkan oleh siswa-siswi MAN Gondangrejo. (ida-hd/Wul)