Wisuda Santri TPQ Se Kabupaten Blora Semarak dan Meriah

Blora – Wisuda santri Taman Pendidikan Alquran (TPQ) se-Kabupaten Blora berlangsung semarak dan meriah, dimana peserta santriwan dan santriwati peserta dari 17 Kecamatan dengan penuh antusias mengikuti pawai yang dimulai dari Blok T menuju Gedung olahraga (GOR) Mustika Blora sebelum menjalani prosesi acara.

Sekitar 2200 santri TPQ yang sudah mengikuti seleksi tes dari masing masing badan Koordinasi TPQ tingkat Kecamatan menjalani Wisuda Santri TPQ yang diselenggarakan oleh Badan koordinasi (Badko) TPQ Kabupaten Blora yang bekerjasama dengan Kementerian Agama Blora dan Pemkab Blora di Gor Mustika pada minggu (21/10) kemaren.

Dengan  diiringi grup Drum Band, maupun regu sholawatan dan menggunakan atribut hari santri dengan kompak dan penuh semangat, para santri TPQ  mengikuti pawai taaruf terlebih dahulu dari Blok T, jalan Ahmad Yani gedung DPRD dan berakhir di GOR Mustika sebelum mengikuti proses wisuda tersebut sehingga puluhan ribu santri mampu memikat masyarakat Blora untuk menyaksikan peringatan hari santri tersebut.

Ketua Panitia Wisuda Santri TPQ, Siti Qomariyah menyampaikan bahwa kegiatan wisuda santri TPQ merupakan puncak kegiatan Badko TPQ yang bertujuan untuk meningkatkan semangat TPQ di Kabupaten Blora untuk lebih menggeliatkan semangat belajar anak anak TPQ dan selalu unggul dalam membaca, belajar serta memahami Alquran sebagai generasi yang unggul, berprestasi, Qurani dan pemimpin masa depan.

“kami sudah melakukan seleksi santri TPQ yang akan mengikuti wisuda santri TPQ ini di masing masing kecamatan baik tes tertulis, baca tulis Alquran, hafalan maupun pemahaman keIslaman lainnya sehingga sekitar 2200 santri yang diwisuda hari ini InsyaAllah sudah teruji dan mudah mudahan barokah dan manfaat ilmu Alqurannya untuk santri TPQ khhususnya dan masyarakat Blora umumnya”paparnya serius.

Hal senada diungkapkan Ketua Badko TPQ Blora, Toha Mustofa yang menyampaikan bahwa tema wisuda santri tahun ini adalah”Santri TPQ Generasi Qurani, Pemimpin Masa Depan NKRI” mempunyai maksud bahwa dengan kegiatan ini diharapkan meningkatkan kualitas TPQ yang ada se-Kabupaten Blora untuk melahirkan santri TPQ yang memahami, menghayati maupun mengamalkan Alquran sehingga benar benar manjadi Generasi Qurani dan mampu menjadi pemimpin masa depan bangsa perekat dan pembangun NKRI.

“kami menyelenggarakan pawai taaruf sebelum wisuda supaya masyarakat mengerti antusias generasi Qurani sangat luar biasa untuk menggelorakan semangat Alquran dalam memperingati Hari santri tahun 2018 ini”paparnya serius.

“adik adik santri TPQ siap menjadi pemimpin masa depan dengan akhlak Alquran?dan mampu menjadi teladan bagi bangsa NKRI dengan alunan amal Alquran?”tanya Toha yang dijawab santri TPQ secara serempak dan semangat “Siaaaappppp!!!!!” disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan bahwa Kemenag Blora sangat mengapresiasi kegiatan wisuda santri tahun ini yang berlangsung semarak dan meriah dan penuh antusiasme peserta santri TPQ, pendamping guru dan ustadznya maupun orangtua wali.

Pihaknya juga berharap melalui kegiatan wisuda santri TPQ ini akan lebih meningkatkan semangat TPQ yang ada di Kabupaten Blora dalam mencetak santri berprestasi dalam belajar Alquran sehingga lembaga TPQ akan selalu jaya apalagi didukung oleh semua pihak baik Pemkab, Kemenag maupun masysrakat apalagi nanti kalau sudah ada Perda lembaga Keagamaan di Blora tentu  peran TPQ dan madin akan cukup signifikan bagi dunia pendidikan.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora, Arif Rahman menyampaikan bahwa Pemkab akan selalu mendukung kegiatan TPQ dalam memajukan anak didiknya serta selama ini memberikan bantuan Khusus Guru TPQ meskipun masih terbatas jumlahnya dan mudah mudahan bisa meningkat dan lebih mensejahterakan guru TPQ.

Menurutnya, peran TPQ sangat penting bagi pendidikan anak di masyarakat yakni untuk tetap memberikan pemahaman membaca dan mengamalkan Alquran sehingga mental anak bisa berkembang dengan positif karena nilai nilai Alquran bisa terus menancap dalam sanubari siswa TPQ yang tentunya bisa menangkal anak dari pengaruh negatif pergaulan.

“kami akan terus mendukung kemajuan TPQ di Kabupaten Blora dan semoga melalui wisuda santri TPQ ini akan lebih menyemarakkan semangat anak didik TPQ dalam belajar, mengkaji dan mengamalkan Alquran yang tentunya berdampak baik bagi masa depan generasi muda bangsa”paparnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan sertifikat akreditasi TPQ dan madin  oleh Wakil Bupati Blora,Arif Rahman yang didampingi Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar yang pelaksanaan akreditasinya sudah dilakukan beberapa bulan kemudian dilanjutkan prosesi wisuda santri yang diselenggarakan di 16 Kecamatan yang mengikutinya. (ima/bd)