Wisuda Tahfiz Alquran Sekolah Tamirul Islam Surakarta

Surakarta – Sebanyak 439 siswa SD, MI, SMP Ta’mirul Islam Surakarta mengikuti prosesi wisuda Tahfiz Alquran angkatan ke-X Tahun Ajaran 2016/2017 di Hotel Sunan Solo, Sabtu (25/3).

Dari 439 siswa itu terdiri dari 121orang siswa MI (sampai dengan juz 6), 182 orang siswa SD (sampai dengan juz 3) dan 136 orang siswa SMP (sampai dengan juz 10). Siswa yang diwusuda itu sebelumnya telah mengikuti seleksi dihadapan pembimbing hafalannya masing-masing. Peserta yang dinyatakan lulus maka diperkenannkan untuk mengikuti wisuda.

“Peserta angkatan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Koordinator Kegiatan Wisuda SD, MI, dan SMP Ta’mirul Islam, Mukhlisin di sela-sela kegiatan wisuda berlangsung. Dia menjelaskan acara wisuda/khataman ini merupakan puncak dari pengajaran Al-Qur’an yang diselenggarakan setiap harinya di lingkup sekolah Ta’mirul Islam.

Pada kesempatan yang sama Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kementerian Agama Kota Surakarta, Sunarno yang hadir mewakili Kepala Kankemenag Kota Surakarta, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan wisuda Tahfiz Alquran ini.

Sunarno berpesan kepada para wisudawan/wisudawati meskipun telah lulus dan diwisuda, diharapkan untuk tetap mengamalkan dan terus mengkaji Al Qur’an. Karena, imbuhnya Al Quran adalah kitab suci umat Islam yang mengandung banyak mujizat yang terkandung di dalamnya. “Kami berharap para siswa lebih meningkatkan kembali dan mengamalkan Al Quran,” terang Sunarno.

Hal tersebut sebagai realisasi dari PP No.55 tahun 2007 dalam mengembangkan pendidikan tidak hanya intelektual, namun juga spiritual.” Jelasnya

Sementara itu wakil Rais Syuriah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH.M.Dian Nafi, dalam tausiahnya mengatakan, sesuai dengan sabda Rasulullah, orang yang bersungguh dalam menghafal Al-Qur’an akan dimudahkan dan diberikan solusi dalam kehidupan.

“Dengan Al-Qur’an akan membangun Indonesia menjadi lebih baik, dan sebaik-baik orang ialah mereka yang mempelajari Al-Qur’an,”ungkap ungkap KH. Dian Nafi.

Selain itu KH. Dian Nafi menerangkan keutamaan memiliki anak penghafal Alquran, Seperrti kata beliau, “berbahagialah bagi para orang tua yang memiliki anak penghafal Alquran karena mereka dapat memberikan syafaat kepada 10 anggota keluarganya,” tuturnya.(rma-abc).