Wiwik JS, PAIF Kankemenag Kota Magelang Ciptakan Lagu-lagu Bertema Protokol Kesehatan 5M+1H

Kota Magelang – Penyadaran bagi masyarakat untuk memenuhi protokol kesehatan 5M dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Mengingat Kota Magelang memberlakukan PPKM Mikro level 4, maka sosialisasi dan edukasi dengan tatap muka terbatasi. Saat ini, sosialisasi dan edukasi lebih menyandarkan pada kecanggihan teknogi melalui media sosial yang tersedia. Conten di media sosial baik berupa video, flyer, twibbon dan berita-berita melaui web tumbuh secara masif untuk menyebarluaskan gerakan prtotokol kesehatan 5M yang kini ditambah dengan 1D.    

Adalah Sri Marjanah Dwi Astuti PAIF Kankemenag Kota Magelang akrab disapa dengan pangilan Wiwik JS, yang sejak tahun 1987 telah berkreasi mencipta karya lagu edukasi dan Islami.  Lebih dari 200 lagu telah ia ciptakan dan menghiasi layar kaca di TVRI Yogyakarta dan TVRI Semarang disetiap bulan Ramadlan. Selain melalui layar kaca, karya-karya tersebut juga tersosialisasikan bagi anak-anak TPQ se-Indonesia. Salah satu karya ciptaannya, memenangkan lomba cipta Lagu Islami Tingkat  Nasional ditahun 1992. Sehingga karya cipta lagunya selalu dinyanyikan pada ajang Festival Anak Shaleh Indonesia  (FASI) sejak tahun 1992 hingga sekarang, hal ini dikarenakan hasil ciptaan lagu tersebat dijadikan sebagai lagu wajib dan lagu pilihan. 

Mulai akhir Juni hingga akhir Juli 2021 ini, Wiwik JS juga telah mencipta 4 buah lagu edukatif bertema ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan 5M+1D. Ditemui dikediamannya (Ahad, 01/07) mengatakan “Dua buah lagi terakhir yang saya ciptakan memang bertema ajakan kepada masyarakat untuk berdisiplin dalam menerapkan prokes 5M. Hal ini tentunya merupakan ikhtiar pribadi dan saya mendukung program pemerintah khususnya Kementerian Agama dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat” tutur Wiwik.

“Semoga hasil karya lagu yang telah saya ciptakan mampu berkintribusi menyadarkan masyarakat untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan disekitarnya dalam mencegah dan memtus matarantai penularan Covid 19 yang hingga kini masih belum berakhir” imbuh Wiwik.

Lagu berjudul Ayo Taat, Jangan Menyerah, Elingo dan Prokes Plus merupakan hasil karya Wiwik JS. Lagu-lagu tersebut telah dibagikan melalui group-group WA di internal Kankemenag Kota Magelang, di tingkat Kankemenag Jawa Tengah, PAIF Jawa Tengah, IAIN Walisongo, dan Badko LPQ Jawa Tengah. Disamping itu, unggahan melalui kanal youtube Kankemenag Kota Magelang dan akun pribadinya telah menembus lebih dari 900 viewer.

Mudah-mudahan ciptaan lagu-lagu Wiwik JS yang didedikasikan untuk mendukung program Kementerian Agama ini manjadi inpirasi semua pihak untuk selalu semangat dalam berkarya sesuai bidang dan keahliannya. (Hari/Wiwik JS).